Pilihlah jawaban yang benar
di antara pilihan A,B,C,dan D
1. Bacalah
teks biografi berikut!
Rudy Hartono pria yang lahir
dan besar di Surabaya pada 1949 ini prestasinya hingga kini tidak ada yang
menandingi. Kalau banyak kalangan menyebut Rudy Hartono sebagai maestro bulu
tangkis dunia pasti tidak ada yang menyangsikan. Rudy Hartono
adalah kebanggaan Indonesia.Ia
menjuarai turnamen bulutangkis dunia sebanyak 8 kali, bahkan
secara berturut-turut.
Untuk meraih prestasi itu
memang tidak gampang. Sejak kecil Rudy memang digembleng ayahnda berlatih
bulutangkis. Pagi buta, di kala semua orang masih terlelap dalam peraduan, Rudy
kecil sudah berlatih fisik dengan berlari sejauh puluhan kilometer. Rudy
mengaku kehilangan masa kanak-kanak dan remajanya untuk meraih prestasi. Namun,
Rudy tidak menyesal kehilangan itu karena jerih payahnya itu telah mengukir
namanya mengharumkan nama Indonesia. Kesuksesan memang terasa indah karena akan
diikuti dengan pujian dan gelimang hadiah dari mana-mana. Namun banyak yang
lupa bahwa untuk meraih kesuksesan itu butuh pengorbanan. Sudah
selayaknya kita‖angkat topi‖
kepada juara ini, karena Rudy telah mempersembahkan prestasi untuk negeri
tercinta.
Kata maestro pada paragraf tersebut bermakna .... A. orang yang hebat dalam bidang yang
digeluti
B. orang
yang ahli dan berprestasi di bidang tertentu
C. orang
yang mempunyai nama besar karena kesuksesannya
D. orang
yang menjuarai suatu pertandingan dan tidak terkalahkan
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 2 dan 3!
Menurut penelitian Badan
Kesehatan Dunia (WHO), rokok berbahaya bagi kesehatan. Rokok mengandung 4.000
zat kimia yang berbahaya. Sedikitnya 25 jenis penyakit yang timbul sebagai
akibat merokok. Di dunia ditemukan 70 juta kematian dalam kurun waktu 50 tahun
terakhir karena penyakit yang disebabkan
kebiasaan merokok. Satu di
antaranya adalah kanker.
Sebuah survei pernah
menyebutkan bahwa kanker paru-paru menjadi penyebab kematian di
Australia pada tahun 1993. Meskipun banyak anggota masyarakat yang meninggal
karena penyakit akibat merokok, hal itu ternyata tidak cukup kuat menjadi shock teraphy para pecandu rokok. Sebaliknya, jumlah perokok aktif kian
bertambah, termasuk di Indonesia.
2. Informasi tersurat berdasarkan teks
tersebut adalah …
A. Shock teraphy yang ditujukan kepada para pecandu rokok ternyata
berhasil.
B. Kematian
akibat merokok ada 50 juta dalam kurun waktu 50 tahun terakhir. C. Penyebab utama kematian penduduk Australia adalah akibat merokok.
D. Kandungan
zat kimia berbahaya yang terdapat dalam rokok ada 4.000 zat.
3. Kesimpulan isi teks tersebut adalah ...
A.
Merokok menyebabkan kematian 70 juta jiwa pada kurun waktu 50 tahun.
B.
Negara yang paling terkena dampak akibat rokok adalah Australia pada
tahun 1993.
C. Dalam
rokok terkandung 4.000
zat kimia berbahaya
yang menimbulkan sedikitnya 25 jenis penyakit.
D. Rokok mengandung zat kimia berbahaya yang
menyebabkan kematian sehingga menjadi masalah kesehatan dunia.
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5!
Motivasi memegang peranan
yang amat penting dalam belajar. Maslow (1945) dengan teori kebutuhannya,
menggambarkan hubungan hirarkhis dan berbagai kebutuhan, di ranah kebutuhan
pertama merupakan dasar untuk timbul kebutuhan berikutnya. Jika kebutuhan
pertama telah terpuaskan, barulah manusia mulai ada keinginan untuk memuaskan
kebutuhan yang selanjutnya. Pada kondisi tertentu akan timbul kebutuhan yang
tumpang tindih, contohnya adalah orang ingin makan bukan karena lapar, tetapi
karena ada kebutuhan lain yang mendorongnya. Jika suatu kebutuhan telah
terpenuhi atau terpuaskan, itu tidak berarti bahwa kebutuhan tesebut tidak akan
muncul lagi untuk selamanya. Akan tetapi, kepuasan itu hanya untuk sementara
waktu. Manusia yang dikuasai oleh kebutuhan yang tidak terpuaskan akan termotivasi
untuk melakukan kegiatan guna memuaskan kebutuhan tersebut.
4. Ide
pokok kutipan teks tersebut adalah ….
A. peranan
motivasi dalam belajar
B. berbagai
macam kebutuhan hidup manusia
C.
ketidakpuasan manusia dalam
memenuhi kebutuhan
D. peranan
belajar sebagai motivasi memenuhi kebutuhan
5. Isi
tersirat dalam kutipan teks tersebut adalah …
A. Motivasi
dan kebutuhan memegang peranan penting.
B. Pemenuhan
kebutuhan seseorang dipengaruhi oleh motivasi.
C. Belajar adalah
kebutuhan hidup manusia
agar dapat memuaskan
aspek-aspek kognitif yang paling mendasar.
D. Jika seluruh
kebutuhan secara individu
terpenuhi, maka akan
merasa bebas menampilkan seluruh
potensinya secara penuh.
Bacalah teks berikut!
Peran televisi sangat krusial
di tengah hidup berbangsa dan bernegara, terlebih dalam kehidupan anak.
Televisi berdampak sangat serius kalau orang tua salah mengelola televisinya.
Dampak buruk membuat mentalitas anak sangat buruk. Apalagi saat
ini, berdasarkan Nelson
Media Research (2013),
penetrasi televisi meningkat sangat
tajam, sampai 99 persen, dibanding media lainnya.
Dampak televisi sangat terasa
bagi anak. Ini selaras dengan teori kulminasi yang menjelaskan tinggi/rendahnya
kecemasan dipengaruhi media. Para pecandu berat televisi (heavy viewers) akan menganggap apa yang terjadi di dunia televisi
itu dunia senyatanya. Anak-anak yang sering menonton tayangan film kekerasan
akan melihat dunia seperti penuh kekerasan. Teori jarum hipodermik mengasumsikan
televisi mempunyai pengaruh perkasa dan secara langsung terhadap masyarakat.
Dari sini, temuan American Psychological Association pada
1995 sangat menarik. Dijelaskan tayangan yang bermutu memengaruhi seseorang
berperilaku baik. Sebaliknya, tayangan
yang tidak bermutu
memengaruhi perilaku buruk, bahkan hampir semua perilaku buruk
bersumber dari tayangan tidak bermutu.
Dalam tayangan kartun atau
sinetron di televisi kita, sedikit yang memberikan nilai dan makna edukatif
bagi anak-anak. Temuan KPI Pusat antara Juni – Juli
2014, tayangan Spongebob, Chootabheem, dan Larva
banyak ditemukan pelanggaran.
Dalam tayangan sinetron
Diam-Diam Suka,
Ganteng Ganteng Serigala, dan
Siti Bling-Bling juga banyak dijumpai
pelanggarannya.
Sekarang ini tayangan
berita saja sangat berbahaya bagi
anak. Berita-berita hadir
membawakan berbagai tayangan, seperti bencana alam, acara-acara besar, berita
kriminal, peperangan, tawuran, juga berbagai sisi negatif kehidupan yang rawan
menimbulkan rasa takut, anxiety,
serta stres bagi anak.
6. Simpulan
pendapat yang mendukung isi teks
tersebut adalah ...
A. Peran
televisi sangat krusial di tengah hidup berbangsa dan bernegara
B. Saat
ini ada 90 % masyarakat menonton media televisi yang isinya tidak mendidik
anak-anak.
C. Tayangan televisi banyak yang tidak mendidik dan akan merusak
mental anak- anak sehingga butuh peran orang tua untuk mengelola televisi dalam
keluarga.
D. Sekarang
ini tayangan televisi sangat berbahaya
bagi anak yang meliputi berbagai film, berita, juga berbagai sisi negatif
kehidupan.
7. Bacalah teks berikut!
Laut memiliki peranan yang
sangat penting dalam mengontrol iklim di bumi dengan memindahkan panas dari
daerah ekuator menuju ke kutub. Tanpa peranan laut, maka
hampir keseluruhan planet
bumi akan menjadi
terlalu dingin bagi manusia untuk hidup. Laut juga merupakan
sumber makanan, energi (baik yang terbarukan maupun yang tak terbarukan), dan
obat-obatan.
Lautan juga berperan
menangkap karbondioksida (CO2) dari atmosfer dalam jumlah yang sangat besar.
Sekitar seperempat CO2 yang dihasilkan oleh manusia dari hasil pembakaran bahan
bakar fosil diserap dan disimpan di lautan. Di beberapa bagian laut, CO2 dapat
tersimpan hingga berabad-abad lamanya dan berperan sangat besar dalam
mengurangi pemanasan global.
Ringkasan isi teks
tersebut adalah …
A. Laut
memiliki peranan yang sangat penting dalam mengontrol iklim di bumi dan
dapat mengurangi dampak pemanasan global.
B. Peranan laut yang
sangat penting adalah
mengontrol iklim di
bumi dan menangkap karbondioksida
dari atmosfer.
C. Laut
merupakan sumber makanan sekaligus tempat tersimpannya CO2 yang dapat
mengurangi pemanasan global.
D. Laut
memiliki peranan memindahkan panas dari daerah ekuator menuju ke kutub dalam
jumlah yang sangat besar.
8. Bacalah
teks berikut!
Teks I
Burung merpati adalah salah
satu hewan dalam kelas aves yang
paling banyak tersebar di dunia. Hampir di seluruh bagian dunia kecuali
antartika dapat ditemukan burung merpati. Hal ini dikarenakan kemampuan
adapatasi hewan ini yang sangat sempurna sehingga mereka dapat hidup di mana
saja seperti di hutan, di perumahan, bahkan di tengah-tengah kota besar.
Burung ini termasuk ke dalam
kelompok burung berukuran sedang. Panjang burung merpati dewasa mencapai
sekitar 25 hingga 30 cm dan beratnya antara 750 gram hingga 800 gram. Di
beberapa daerah dapat ditemukan merpati yang berbobot hampir mencapai 1 kg. Hal
ini dikarenakan mereka adalah merpati peliharaan manusia.
Teks II
Pohon jeruk nipis dapat
mencapai tinggi 3,5 m. Batang berkayu berbentuk bulat berduri berwarna putih
kehijauan. Daun majemuk, berbentuk elips atau bulat telur, pangkal membulat,
ujung tumpul, tepi beringgit. Panjang daun 2,5 – 9 cm, lebar 2 –
5
cm. Pertulangan daun menyirip, panjang tangkai 2,5 – 5 mm, bersayap, berwarna
hijau. Bunga majemuk atau tunggal, berada
di ketiak daun atau di ujung batang, diameter 1,5 – 2,5
cm. Kelopak bunga berbentuk mangkok, berbagi empat sampai lima, diameter
0,4 – 0,7 cm,
berwarna putih kekuningan. Panjang benang sari 0,35 –
0,40 cm, keduanya berwarna kuning. Bakal
buah berbentuk bulat, berwarna hijau kekuningan. Tangkai
putik berbentuk silindris,
kepala putik berbentuk
bulat berwarna kuning. Daun mahkota berjumlah empat sampai lima,
berbentuk bulat telur, panjang 0,7 – 1,25 cm, saat muda berwarna hijau, setelah tua
berwarna kuning. Akar tunggang berbentuk bulat berwarna putih kekuningan
Perbandingan
penggunaan bahasa kedua teks laporan tersebut adalah ...
Teks I
|
Teks II
|
|
A
|
menggunakan kalimat-kalimat tunggal
|
menggunakan kalimat-kalimat
majemuk.
|
B
|
menggunakan
kalimat definisi dalam
menjelaskan suatu hal
|
menggunakan
kalimat rincian dalam
menjelaskan
|
C
|
bahasanya
lebih singkat, padat,
dan
menampilkan banyak data angka
|
bahasanya
berbelit-belit dan terlalu
banyak data angka
|
D
|
menggunakan
banyak tanda baca
untuk
penekanan makna/intonasi
|
menggunakan
sedikit tanda baca
sebagai
intonasi untuk menekankan maksud/isi
|
9. Bacalah teks berikut!
Sepak terjang tokoh Tan Peng Liang berani
cerdas dan kadang seperti jagoan dalam film-film koboi.
Banyak tokoh yang
terlibat berkaitan satu
dengan yang lain. Lukisan tentang kebiadaban tentara
Jepang dalam mempermalukan perempuan Indonesia
yang dijadikan jugun ianfu dapat membuat
pembaca geram. Sebagai bahan bacaan dan hiburan, novel Cha Bau Khan, enak di baca.
Keunggulan novel Cha
Bau Khan sesuai teks tersebut adalah …
A.
Tokoh-tokoh yang ditampilkan dalam cerita memiliki keteladanan.
B. Novel ini
menarik karena pendeskripsian tokoh dan peristiwanya terasa hidup.
C. Keunikan
novel terletak pada banyaknya tokoh yang dihadirkan oleh pengarang.
D. Pengarang
selalu mengangkat cerita tempo dahulu menjadi sebuah cerita yang menarik.
Bacalah cerpen berikut untuk
menjawab soal nomor 10 dan 11!
Deras hujan agak berkurang.
Sekitar rumah tempat Pak Sarman berteduh masih sangat sepi. Dia menengok ke
dalam rumah itu, juga tampak sangat sepi. Tetapi anehnya, pintu rumah tidak
dikunci, bahkan sedikit terbuka. Dia mengamati isi rumah itu. Tampak barang-
barang berharga di situ. Ada pesawat TV yang cukup besar, jam dinding, tape recorder, dan yang paling menarik
adalah arloji berwarna emas yang tergeletak di atas meja. Jam itu tentu
harganya sangat mahal, pikirannya. Jam
itu bagai membisikkan sesuatu ke telinganya.
Pak Salman pun ingat keluarganya yang bentar lagi
kelaparan. Seandainya aku dapat
menjualnya, tentu saat yang mengerikan itu
dapat tertunda lebih lama lagi dan aku mempunyai
peluang dan ongkos untuk melakukan pekerjaan lagi. …‖Tapi bagaimana
nanti kalau ketahuan?‖ Ia
berpikir kembali. ―Ah, kenapa aku tiba-tiba ingin jadi maling? Betapa terkutuknya!‖ (Cerpen: Balada sang
Korban, Ahmadun Yosi Herfanda)
10. Makna
kata terkutuk pada kutipan cerpen
tersebut adalah ….
A. terkena
makian dari orang lain
B. terkena
sumpah serapah dari seseorang
C. perlakuan
hina dari sesama manusia
D. terkena
kutukan atau laknat dari Tuhan
11. Makna
tersurat pada kutipan kutipan cerpen tersebut adalah …
A. Seorang
pencuri yang taubat.
B. Seorang
ayah yang mudah menyerah.
C. Seorang
yang mampu mengalahkan keinginan jahatnya.
D. Seseorang
yang mengutuk diri sendiri karena telah menjadi pencuri.
Bacalah cerpen berikut untuk
menjawab soal nomor 12 dan 13!
Melihat kedatangan sekawanan
anak sekolah itu, anak laki-laki yang baru naik itu dan yang duduk di
sebelahku, jadi gelisah. Dia bergeser rapat ke dekatku.
―Tolong lindungi saya, Pak,‖katanya.‖Saya
sama sekali tidak terlibat perkelahian itu.
Saya tidak ikut-ikutan.‖
Dia semakin cemas dan
gelisah. Mungkin dia menyadari kalau dia sedang berhadapan dengan bahaya dan ia
sudah terperangkap di antara langit-langit dan dinding gerbong. Tak ada tempat
untuk menghindar. Pindah ke gerbong lain sudah tidak mungkin. Gerbong yang kami
tumpangi adalah gerbong terakhir.
12. Bagian
alur pada kutipan cerpen tersebut adalah ….
A. orientasi
B.
komplikasi
C. resolusi
D. penyelesaian
13. Latar
tempat dan waktu pada kutipan cerpen tersebut adalah....
A. stasiun,
pagi hari B. stasiun, sore hari
C. kereta, malam hari D. kereta, siang hari
14. Bacalah teks berikut!
Ah, menjadi kekasih
tersembunyi sangat makan hati. Dengan cara apa pun, kau akan kesulitan
mengekspresikan rasa cinta. Hanya memandang takjub keperkasaan kekasih pujaan
di hadapan serdadu lain, kau akan kesulitan. Hanya mencuri-curi pandang saat
pria yang seharusnya lebih pas jadi ayahku memberikan maklumat kepada pasukan,
mata-mata lain akan memelototimu. Karena itu, aku hanya hidup dalam rahasia
sedih sang kekasih. Hanya ketika ia mengajakku—juga secara sembunyi-sembunyi—ke negeri-negeri yang jauh.
Makna simbol makan hati pada kutipan cerpen tersebut
adalah A. Cinta yang terpendam yang
belum sempat diucapkan.
B. Rindu
yang sangat dalam karena jarang berjumpa dengan kekasih
C. Sedih dan
kesepian karena kekasih tinggal jauh berperang melawan penjajah
D. Rasa
kesal tokoh Aku yang tidak dapat mengekspresikan rasa cintanya secara terbuka.
15. Bacalah
kutipan teks berikut!
Kakek duduk di kursi malas sambil merokok,
nenek diam saja, aku dan Bi Ijah menjahit
pakaian yang perlu
untuk perkawinanku. Sambil
menjahit, Bibi mengajariku bagaimana
seorang wanita harus
bercakap-cakap secara halus, melayani orang dengan baik, berbicara
dengan calon suaminya dan lain-lain.
Isi tersirat pada kutipan cerita tersebut adalah
A. Seorang
kakek harus duduk di kursi malas.
B. Orang tua
selalu mengurusi keperluan anaknya.
C. Nasihat
orang tua kepada anak wanita yang mau menikah.
D. Orang tua
senantiasa memberi nasihat pada semua anaknya.
Bacalah cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 16 dan 17!
Tengah malam
giliran Wawuk yang
tak bisa tidur.
Dalam dirinya berkecamuk berbagai
perasaan yang tidak keruan. Ingin sekali ia melarang ibunya datang, tetapi
sungguh tidak ada alasan untuk itu. Tak mungkin ia mengatakan "Kenapa
harus mendatangi pestanya orang yang bisa jadi telah melupakan kita,"
atau "Mereka toh tidak mengharapkan kita datang‖ atau alasan-alasan
lain yang salah-salah justru akan berbalik melipatkan semangat ibunya
untuk datang hanya demi membuktikan, "Pendapat kamu itu salah, Wuk!"
pikirnya.
Mendadak terdengar panci
jatuh. Wawuk bergegas ke dapur. Perasaan Wawuk makin bergolak melihat ibunya
sibuk memasak.
"Masak apa, Bu?"
"Tiwul."
"Tiwul gaplek? Buat apa?"
"Berhari-hari saya
mencari kado yang tepat untuk putranya Pak Gi. Sesuatu yang khusus,
yang istimewa dan terpenting yang bermakna. Baru kemarin
saya menemukan pilihan yang tepat. Kenapa bukan makanan zaman perjuangan?
Melihat kado yang isinya lain dari yang
lain ini nanti tentulah putra Pak Gi akan bertanya pada bapaknya. Pak Gi pasti
akan terkesan sekali dan menerangkan panjang lebar makna makanan ini dalam masa
perjuangan.‖
"Tapi... bisa basi 'kan, Bu?"
"Kalau aku yang bikin, sampai tiga hari juga
tahan."
Wawuk berdiri mematung. Ada sederetan ucapan yang
16. Penyebab konflik dalam kutipan cerpen
tersebut adalah
A. Ibu
mencari kado yang tepat untuk putranya Pak Gi.
B. Ibu
memberi kado yang isinya lain dari yang
lain.
C. Ibu ingin
mendatangi pesta pernikahan putra Pak Gi.
D. Ibu
memasak tiwul sebagai kado.
17. Akibat
konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah …
A. Wawuk
menyesal mengapa ibunya mau datang ke pesta
yang kedatangannya
mungkin tidak diharapkan oleh keluarga Gi
B. Ibu Wawuk
merasa bangga bisa
menghadiri sebuah pesta
keluarga Gi dan menyiapkan kado spesial buat keluarga
itu.
C. Wawuk
tidak bisa melarang ibunya datang dan menyadari akan kebanggan ibunya jika
datang ke pesta keluarga Gi.
D. Wawuk
berharap semoga ibunya diperlakukan dengan baik oleh keluarga Gi.
Bacalah
teks berikut untuk menjawab soal nomor 18 dan 19!
Teks I
Kupu-kupu tersadar dari
pingsannya. Namun ia terkejut saat ia tahu bahwa ia sedari tadi pingsan.
Tiba-tiba Lalat datang membawa obat-obatan.
―Syukurlah kau sudah pulih,‖ ujarnya
senang.
Kupu-kupu terkejut karena yang menolongnya adalah
hewan yang tadi pagi ia hina. Dia merasa berhutang budi padanya.
―Mm.. Terima kasih ya kau mau menolongku, padahal
aku telah menghinamu..‖
ujarnya malu-malu.
―Tidak apa kok, sudahlah kau tiduran saja. Biar aku
dapat mengobati sayapmu
yang patah‖. Kupu-kupu menurut, lalu ia diobati oleh
Lalat.
Hari terus berganti akhirnya
Kupu-kupu telah pulih kembali. Ia dapat terbang ke mana ia suka. Namun
Kupu-kupu yang sekarang telah berbeda dengan Kupu-kupu yang lama. Ia kini mau
berteman dengan siapa saja. Teman-temannya pun telah memaafkan perbuatan dia
yang lalu. Kupu-kupu telah menyadari bahwa kecantikannya itu hanya pemberian
semata dari Allah Swt. Ia mau berteman dengan
siapa
saja. Karena tanpa teman ia tak bisa berbuat apa-apa.
Teks II
Tersebutlah di padang rumput
yang indah nan damai, hiduplah seekor kelinci yang sangat nakal. Setiap hari
kerjaannya hanya mengusili penghuni padang rumput. Pada suatu hari, si Kelinci
bertemu dengan Pak Kijang. Dalam hati, Kelinci berpikir
―saya kerjain
saja Pak Kijang, tapi bagaimana ya?‖ Si Kelinci berpikir sangat keras
dan tiba-tiba ada ide nakal sampai di kepalanya.
―Saya pura-pura saja lari ke arah
Pak Kijang
sambil berteriak ‗Pak Singa ngamuk! Pak Singa ngamuk! Hehehe....
Maka sambil
larilah, si Kelinci berteriak ―Pak Singa
ngamuk! Pak Singa ngamuk!‖ Akhirnya,
Pak Kijang sekeluarga lari tak beraturan tanpa arah, sampai anaknya Pak Kijang jatuh ke jurang dan
tewas seketika.
18. Perbandingan pola pengembangan kedua
kutipan teks tersebut adalah ....
Teks I
|
Teks II
|
|
A.
|
komplikasi
– resolusi - koda
|
orientasi - komplikasi
|
B
|
orientasi - komplikasi
- koda
|
komplikasi -
resolusi
|
C
|
orientasi – komplikasi -
resolusi
|
orientasi resolusi
|
D
|
orientasi – resolusi - koda
|
orientasi - koda
|
19. Perbandingan penggunaan bahasa pada kedua
kutipan teks tersebut adalah ....
Cerpen I
|
Cerpen II
|
|
A
|
lugas, modern
|
klise
|
B
|
berbelit-belit
|
lugas, jelas
|
B
|
campuran
bahasa Jawa
|
modern
|
D
|
modern
|
lugas
|
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 20-22!
Hiduplah seekor rusa pada
zaman dahulu. Ia sangat sombong lagi pemarah. Sering ia meremehkan kemampuan
hewan lain.
Pada suatu hari si Rusa
berjalan-jalan di pinggir danau. Ia bertemu dengan Kura- kura yang terlihat
hanya mondar-mandir saja.
"Kura-kura, apa yang sedang engkau lakukan di sini?"
"Aku sedang mencari sumber penghidupan,"
jawab si Kura-kura.
Si Rusa tiba-tiba marah
mendengar jawaban si Kura-kura. "Jangan berlagak engkau, hei Kura-kura!
Engkau hanya mondar-mandir saja namun berlagak tengah mencari sumber
penghidupan!"
Si Kura-kura berusaha menjelaskan, namun si Rusa tetap
marah. Bahkan, si Rusa
mengancam akan menginjak tubuh si Kura-kura. Si
Kura-kura yang jengkel akhirnya menantang untuk mengadu kekuatan betis kaki.
Si Rusa sangat marah
mendengar tantangan si Kura-kura untuk mengadu betis. Ia pun meminta agar si
Kura-kura menendang betisnya terlebih dahulu. "Tendanglah
sekeras-kerasnya, semampu yang engkau bisa lakukan!"
Si Kura-kura tidak bersedia
melakukannya. Katanya, "Jika aku menendang betismu, engkau akan jatuh dan
tidak bisa membalas menendangku."
Si Rusa kian marah mendengar
ucapan si Kura- kura. Ia pun bersiap-siap untuk menendang. Ia berancang-ancang.
Ketika dirasanya tepat, ia pun menendang dengan kaki depannya sekuat-kuatnya.
20. Komentar
terhadap isi teks tersebut adalah
A. Kura-kura
yang selalu mengalah.
B. Rusa yang
sombong dan pemarah.
C. Rusa yang
selalu memusuhi kura-kura yang sabar.
D. Sikap
kura-kura perlu dijadikan contoh dalam kehidupan.
21. Komentar terhadap pola pengembangan alur pada kutipan
teks tersebut adalah ….
A. alur
cerita berupa abstrak – komplikasi – koda
B. alur
cerita berupa orientasi – komplikasi – evaluasi
C. alur
cerita berupa abstrak – orientasi – komplikasi
D. alur
cerita berupa pengenalan – klimaks – peleraian
22. Komentar
penggunaan bahasa dalam kutipan teks tersebut adalah ....
A.
menggunakan majas agar ceritanya menarik
B.
menggunakan kata-kata kiasan untuk memperindah cerita
C. bahasa
lugas dan sederhana sehingga mudah
dipahami
D.
menggunakan campuran bahasa daerah sehingga sulit dimengerti.
23. Bacalah
teks berikut!
Musim hujan atau musim basah adalah musim
dengan ciri meningkatnya curah hujan di suatu wilayah dibandingkan biasanya
dalam jangka waktu tertentu secara tetap. Musim hujan hanya dikenal di wilayah
dengan iklim tropis. Secara teknis [...], musim
hujan dianggap mulai
terjadi apabila curah
hujan dalam tiga
dasarian berturut-turut telah melebihi 100 mm per meter persegi per
dasarian dan berlanjut terus. Apabila hal ini belum terpenuhi namun curah hujan
telah tinggi kondisinya dianggap sebagai peralihan musim (pancaroba).
Kata yang tepat untuk mengisi kalimat rumpang dalam
paragraf tersebut adalah A. astronomi
B.
meteorologi
C. geografi
D. sosiologi
24. Bacalah teks berikut!
Setelah proses pemijahan selesai, segera
angkat induk dari kolam pemijahan ikan lele.
Hal ini untuk
menghindari telur disantap
oleh induk ikan
karena setelah memijah induk ikan
betina akan merasa lapar. Selanjutnya telur yang telah dibuahi ditetaskan.
Penetasan bisa dilakukan di kolam pemijahan atau pun di tempat lain seperti
akuarium, fiberglass atau kolam terpal.
[...]
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah
…
A. Selama
ikan belum menetas sebaiknya air tidak diganti karena akan berpengaruh
pada suhu air dan kelembabannya berubah.
B. Selama
proses penetasan suplai oksigen (aerasi)
harus dipertahankan dan suhu distabilkan pada kisaran 28 – 29 o C.
C. Setelah itu ditunggu
sekitar satu minggu
sampai ikan-ikan menetas
dan siap dipanen.
D. Selama
proses ini lampu yang menerangi akuarium diatur suhunya.
25. Bacalah teks prosedur berikut dengan saksama!
(1) Pengairan selanjutnya dikurangi,
terutama pada fase penuaan rimpang karena tanah yang menggenang dapat
menyebabkan buruknya rimpang jahe.
(2) Mula-mula air
disalurkan melalui saluran
pemasukan, kemudian dibiarkan menggenangi petakan hingga tanah
cukup basah.
(3) Selanjutnya, air segera dialirkan melalui saluran
pembuangan.
(4) Pengairan harus dilakukan secara rutin
3 –
5 hari sekali atau bergantung pada keadaan
cuaca dan kelembaban tanah.
(5) Pengairan dilakukan dengan cara digenangi 15 menit
atau lebih sehingga tanah
cukup
basah.
Urutan
kalimat teks prosedur yang
tepat adalah…
A. (1),
(3), (2), (5), (4)
B. (3),
(1), (5), (2), (4)
C. (4),
(5), (1), (2), (3)
D. (4),
(1), (2), (5), (3)
26. Cermati
kalimat berikut!
Peran dan manfaat WTO Globalisasi
memberikan dampak berupa perubahan pada pasar internasional. Salah satunya
adalah [...] perdagangan, yang dipandang sebagai suatu upaya untuk meningkatkan
daya saing ekonomi.
Kata yang tepat untuk melengkapi bagian
rumpang pada kalimat tersebut adalah ....
A. globalisasi
B. liberalisasi
C. kapitalisasi
D. modernisasi
27. Bacalah
teks berikut!
Manfaat olahraga bagi kesehatan manusia
jelas sangat banyak dan bisa dirasakan oleh setiap orang. Tak bisa dipungkiri
bahwa olahraga menjadi salah satu gaya hidup yang wajib dilakukan setiap orang
untuk bisa membuat tubuhnya tetap sehat dan bugar. Sebagai sebuah kegiatan yang
bisa melemaskan otot-otot tubuh, olahraga dinilai sangat
penting bagi semua orang. [...] Olahraga dianjurkan untuk
semua orang, baik yang sehat, sedang menjalankan diet, bahkan bagi orang
yang kurang sehat pun terkadang disarankan untuk berolahraga karena faktanya
olahraga mampu mengembalikan kesehatan tubuh dan mampu membakar lemak jahat
yang tertimbun di dalam tubuh.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut
adalah ...
A. Tak peduli itu orang dewasa ataupun anak-anak, jika tak pernah
berolahraga pasti akan merasakan dampak negatifnya.
B. Tak peduli itu orang dewasa ataupun anak-anak, jika tak pernah
berolahraga pasti akan merasakan dampat positif dan negatifnya.
C. Tak peduli itu orang dewasa ataupun anak-anak, jika tak pernah
berolahraga pasti akan merasakan dampak dalam kehidupannya.
D. Tak peduli itu orang dewasa ataupun anak-anak, jika tak pernah
berolahraga pasti akan merasakan dampak yang negatif dalam hidupnya.
28. Bacalah
teks berikut!
Orang tua harus mampu
memberikan penjelasan yang menginterpretasikan kembali adegan yang ada di dalam
televisi, mengajak dialog dan berdiskusi agar melatih sikap kritis anak dalam
menonton, serta mematikan televisi kalau isi siarannya banyak mengandung unsur
kekerasan, seksualitas, dan tidak pantas. Di samping itu, orang tua jangan
pelit membelikan film bermutu, sehingga anak tidak terjebak dalam tayangan
televisi yang tidak menyehatkan.
[...]
Pemerintah harus
tegas menerapkan undang-undang, sehingga
televisi yang sudah membuat
banyak pelanggaran, hak siarnya bisa diluruskan, kalau perlu ditutup sekalian.
Pemerintah jangan sampai main mata karena masa depan bangsa adalah yang utama.
Industri media harus taat dengan regulasi. Industri media hadir bagi negara
sebagai penyangga membangun peradaban masa depan.
Paragraf yang tepat untuk melengkapi teks
tersebut adalah ...
A. Anak adalah investasi masa depan. Jangan
sampai media televisi membunuh masa depan mereka dan masa depan bangsa ini.
Terakhir, hindari menonton televisi pada waktu menjelang tidur. Biasakan hal
ini. Semakin malam tayangan televisi, biasanya diisi dengan acara yang
ditujukan bagi penonton lebih dewasa.
B. Sayangnya,
ekologi masyarakat kita belum
sepenuhnya menyadari pentingnya media, apalagi pihak televisi
hanya mengejar rating. Di samping itu, masih kurang pendidikan media sehat oleh
agen literasi media, seperti orang tua, guru, dan masyarakat. Dari sini,
memilih tayangan yang sehat dan bermutu merupakan keniscayaan di tengah
dahsyatnya kejar rating yang dilakukan pihak televisi.
C. Aghata Lily (2014), Komisioner KPI
Pusat Bidang Isi, menjelaskan tayangan
yang baik adalah yang edukatif. Hal ini bisa dilakukan dengan durasinya tidak
terlalu panjang (25-30 menit), nyaman di telinga dan mata, memperhatikan tone
atau tempo musik dari tayangan, mencermati iklan dalam tayangan anak, mengusung
nilai positif, serta memerhatikan warna dan gerakan.
D. Pihak sekolah juga harus
mampu memberikan tayangan ―tandingan‖, sehingga anak
mempunyai tambahan referensi
yang bermutu. Sekolah
juga harus mendorong
anak membuat tayangan ―tandingan‖ tersebut. Anak diajak menjadi produser, bukan konsumen yang pasif.
Dorongan ini sangat penting sehingga anak justru sudah
paham sejak dini
untuk mengisi tayangan
televisi yang tidak menyehatkan, dengan tayangan yang
kreatif dan inovatif.
29.
Bacalah teks berikut!
Tugas Sekolah
Suatu sore, Budi dan Iwan akan mengerjakan
tugas kelompok yang diberikan guru seni rupa. Tugas mereka adalah membuat
patung dari bahan gips.
―Bud, kita
mulai saja membuat patung dari gips ini!‖ ajak Iwan
kepada Budi.
―Oke, Wan,‖
Budi mengiyakan. ―Apa yang harus kita lakukan, Wan?‖ tanya Budi.
Iwan pun menjelaskan, ―Menurut
catatan, pertama, kita ambil gips secukupnya. Lalu,
gips itu kita campur dengan air dan aduk sampai rata.
Setelah rata, kita masukkan
adukan tersebut
ke dalam cetakan yang sudah disediakan.‖
―Nah, cetakan
sudah terisi adukan. Apalagi, Wan?‖
tanya Budi. ―Selanjutnya,
jemur
adukan di cetakan itu di panas
matahari sampai keras,‖ Iwan
kembali
menjelaskan.
―Oke, Wan,‖
ujar Budi sambil menjemur adukan ke tempat yang panas.
Setelah
beberapa jam, adukan di cetakan itu pun keras. ―Sudah keras nih, Wan.
Apalagi?‖
tanya Budi. ―Angkat gibs dari cetakan! Pelan-pelan, ya, Bud!‖ pesan Iwan.
―Sudah nih,
Wan. Terus?‖
tanya Budi lagi. ―Terakhir, kita dapat
menghias patung
gips ini sesuai
selera!‖
―Wah, indah
sekali jadinya patung gips
ini, Wan,‖ Budi
memuji karyanya
sendiri.
Iwan hanya mengangguk pelan sambil tersenyum.
Teks prosedur yang tepat berdasarkan teks cerpen
tersebut adalah...
A. Langkah-langkah membuat patung dari gips
1) Ambilah
gips secukupnya!
2) Campur
gips dengan air dan aduk sampai rata!
3) Masukkan
adukan tersebut ke dalam cetakan yang sudah disediakan!
4) Jemur
adukan di panas matahari sampai cetakan itu keras!
5) Setelah
keras, angkat gibs dari cetakan!
6) Hiaslah
sesuai selera!
B.
Langkah-langkah membuat patung dari gips
1) Baca
catatan petunjuk pembuatan!
2) Ambilah
gips secukupnya!
3) Campur
gips dengan air dan aduk sampai rata!
4) Masukkan
adukan tersebut ke dalam cetakan yang sudah disediakan!
5) Jemur
adukan di panas matahari sampai cetakan itu keras!
6) Setelah
keras, angkat gibs dari cetakan dan hiaslah sesuai selera!
C.
Langkah-langkah membuat patung dari gips
1) Ambilah
gips secukupnya!
2) Campur
gips dengan air dan aduk sampai rata!
3) Masukkan
adukan tersebut ke dalam cetakan yang sudah disediakan!
4) Jemur adukan
di panas matahari sampai cetakan itu keras!
5) Amati
adukan itu selama beberapa jam!
6) Setelah
keras, angkat gibs dari cetakan!
7) Hiaslah
sesuai selera!
D.
Langkah-langkah membuat patung dari gips
1) Ambilah
gips secukupnya!
2) Campur
gips dengan air dan aduk sampai rata!
3) Masukkan
adukan tersebut ke dalam cetakan yang sudah disediakan!
4) Jemur
adukan di panas matahari sampai cetakan itu keras!
5) Setelah
keras, angkat gibs dari cetakan!
6) Hati-hati
jangan sampai adukan pecah!
7) Hiaslah
sesuai selera!
30. Cermati
data-data berikut!
Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia)
- Digolongkan ke dalam Familia Rutaceae
- Termasuk adalah tumbuhan perdu
- Tumbuh di daerah terbuka dengan sirkulasi udara yang baik
- Dikembangbiakkan melalui semaian biji atau bibit cangkokan
- Buah berbentuk bulat, berwarna hijau atau kuning, berdiameter 3-6 cm,
rasa
masam agak pahit
- Mengandung
vitamin C, saponin,
lavonoida, minyak atsiri,
linalin asetat, geronil astat,
asam sitrat, kalsium, fosfor, vitamin B1, zat besi, fellandren, dan sitral.
- Perasan isi buahnya dipakai untuk memasamkan makanan seperti pada soto.
Juga digunakan
sebagai obat batuk,
obat sembelit, obat
ambeien, mencegah
rambut rontok, obat demam, obat flu, obat amandel, dan
lain-lain.
Penulisan teks laporan yang sesuai dengan data-data
tersebut adalah ...
A. Jeruk nipis (citrus aurantifolia) digolongkan ke dalam Familia Rutaceae. Jeruk nipis atau limau nipis adalah tumbuhan
perdu yang menghasilkan buah dengan nama yang sama. Tanaman jeruk nipis tumbuh
di daerah terbuka. Tanaman ini dikembangbiakkan melalui semaian biji atau bibit
cangkokan. Buah jeruk nipis berbentuk bulat,
berwarna hijau atau
kuning, memiliki diameter
3 – 6
cm, memiliki rasa masam agak pahit, agak serupa dengan lemon. Jeruk
nipis memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dibandingkan jenis jeruk
lainnya. Selain vitamin C, buah jeruk nipis juga mengandung saponin, lavonoida,
minyak atsiri, linalin asetat, geronil astat, asam sitrat, kalsium, fosfor,
vitamin B1, zat besi, fellandren, dan sitral. Jeruk nipis dipakai perasan isi
buahnya untuk memasamkan makanan seperti pada soto. Selain digunakan untuk
penyedap makanan, jeruk nipis juga digunakan sebagai obat batuk,obat sembelit,
obat ambeien, mencegah rambut rontok, obat demam, obat flu, obat amandel, dan
lain-lain. Jeruk nipis juga bermanfaat untuk kecantikan, antara lain : membuat
kuku cemerlang, membuat rambut halus, lembut, dan berkilau serta dapat
menghilangkan ketombe.
B. Jeruk nipis (citrus aurantifolia) digolongkan ke dalam Familia Rutaceae. Jeruk nipis atau limau nipis adalah tumbuhan
perdu yang menghasilkan buah dengan nama yang sama. Tanaman jeruk nipis tumbuh
di daerah terbuka. Tanaman ini dikembangbiakkan melalui semaian biji. Buah jeruk nipis berbentuk bulat, berwarna
hijau atau kuning, memiliki diameter 3 – 6 cm, memiliki rasa masam agak pahit, agak
serupa dengan lemon. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dibandingkan
jenis jeruk lainnya. Selain vitamin C, buah jeruk nipis juga mengandung
saponin, lavonoida, minyak atsiri, linalin asetat, geronil astat, asam sitrat,
kalsium, fosfor, vitamin B1, zat besi, fellandren, dan sitral. Jeruk nipis
dipakai perasan isi
buahnya untuk memasamkan
makanan seperti pada
soto. Selain digunakan untuk penyedap makanan, jeruk nipis juga
digunakan sebagai obat batuk,obat sembelit, obat ambeien, mencegah rambut
rontok, obat demam, obat flu, obat
amandel, dan lain-lain. Jeruk nipis
juga bermanfaat untuk kecantikan, antara
lain : membuat
kuku cemerlang, membuat
rambut halus, lembut, dan
berkilau serta dapat menghilangkan ketombe.
C. Jeruk nipis (citrus aurantifolia) digolongkan ke dalam Familia Rutaceae. Jeruk nipis atau limau nipis adalah tumbuhan
perdu yang menghasilkan buah dengan nama yang sama. Tanaman jeruk nipis tumbuh
di daerah terbuka dengan sirkulasi udara yang baik. Tanaman ini
dikembangbiakkan melalui semaian biji atau bibit cangkokan. Buah
jeruk nipis berbentuk
bulat, berwarna hijau
atau kuning, memiliki diameter 3 – 6 cm, memiliki rasa masam agak pahit, agak
serupa dengan lemon. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C lebih banyak
dibandingkan jenis jeruk lainnya. Selain vitamin C, buah jeruk nipis juga
mengandung saponin, lavonoida, minyak atsiri, linalin asetat, geronil astat,
asam sitrat, kalsium, fosfor, vitamin B1, zat besi, fellandren, dan sitral.
Jeruk nipis dipakai perasan isi buahnya untuk memasamkan makanan seperti pada
soto. Selain digunakan untuk penyedap makanan, jeruk nipis juga digunakan
sebagai obat batuk,obat sembelit, obat ambeien, mencegah rambut rontok, obat
demam, obat flu, obat amandel, dan lain- lain. Jeruk nipis juga bermanfaat
untuk kecantikan, antara lain : membuat kuku cemerlang, membuat
rambut halus, lembut, dan
berkilau serta dapat menghilangkan ketombe.
D. Jeruk
nipis (citrus aurantifolia)
digolongkan ke dalam Familia Rutaceae.
Jeruk nipis atau limau nipis adalah tumbuhan perdu yang menghasilkan buah
dengan nama yang sama. Tanaman jeruk nipis tumbuh di daerah terbuka dengan
sirkulasi udara yang baik. Tanaman ini dikembangbiakkan melalui semaian biji
atau bibit cangkokan. Buah jeruk
nipis berbentuk bulat,
berwarna hijau atau
kuning, memiliki diameter 3 – 6 cm, memiliki rasa masam agak pahit, agak serupa
dengan lemon. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C lebih banyak
dibandingkan jenis jeruk lainnya. Selain vitamin C, buah jeruk nipis juga
mengandung saponin, lavonoida, minyak atsiri, linalin asetat, geronil astat,
asam sitrat, vitamin B1, zat besi, fellandren, dan sitral. Jeruk nipis dipakai
perasan isi buahnya untuk memasamkan makanan seperti pada soto. Selain
digunakan untuk penyedap makanan, jeruk nipis juga digunakan sebagai obat batuk,obat
sembelit, obat ambeien, mencegah rambut rontok, obat demam, obat flu, obat
amandel, dan lain- lain. Jeruk nipis juga bermanfaat untuk kecantikan, antara
lain membuat kuku cemerlang, membuat rambut halus, lembut, dan berkilau,
menghilangkan jerawat, serta dapat menghilangkan ketombe.
31. Cermati
kalimat berikut!
Kepada
para siswa diwajibkan ikut upacara HUT Kemerdekaan RI ke-70.
Penggunaan kata yang tidak tepat pada kalimat tersebut
adalah ....
A. para
B. ke-70
C. kepada
D. diwajibkan
32. Cermati
kalimat-kalimat berikut!
1. Dalam acara
sumpah jabatan itu dilakukan secara Islam, Kristen, dan Budha.
2.
Dengan teknologi informasi besar sekali pengaruhnya terhadap kemajuan
bangsa.
3.
Saya berharap agar para pirsawan yang budiman sudi memberikan kritik dan
saran.
4.
Dengan dilaksanakannya program TV masuk desa bermanfaat sekali bagi
orang- orang yang ada di pedesaan.
Kalimat-kalimat tersebut yang tidak efektif terdapat
pada nomor ...
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 1, 3, 4
D. 2, 3, 4
33. Bacalah paragraf berikut!
(1) Sebentar lagi akan diumumkan juara
lomba puisi yang akan dibacakan oleh ketua panitia. (2) Kepada semua para
peserta lomba baca puisi diharapkan tenang. (3) Pemenang akan mendapatkan
hadiah berupa piala dan uang dalam bentuk buku tabungan.
Ketidakpaduan paragraf tersebut dikarenakan ...
A.
Penggunaan kata kepada dan diharapkan pada kalimat kedua yang tidak
tepat.
B.
Penggunaan kata semua, dan diharapkan pada kalimat kedua yang tidak
tepat.
C. Penggunaan kata semua, para, dan diharapkan pada kalimat kedua
yang tidak tepat.
D. Penggunaan kata kepada,semua, para dan
diharapkan pada kalimat kedua yang
tidak tepat.
34. Cermati kalimat berikut!
Ekonomi
rakyat adalah ―kegiatan ekonomi rakyat banyak‖ . Jika
dikaitkan dengan kegiatan
pertanian, maka yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi rakyat adalah kegiatan ekonomi petani atau peternak
atau nelayan kecil, [...], petani tanpa tanah, nelayan tanpa perahu, dan
sejenisnya; dan bukan perkebunan atau
peternak besar atau MNC pertanian, dan sejenisnya.
Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut
adalah ....
A. petani
kecil
B. petani
gurem
C. petani
buruh
D. petani
peternak
35.
Cermati kalimat berikut!
Penyu
hijau memiliki sirip dayung, yang [...] dengan kuat dan gemulai.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat
tersebut adalah ....
A. membuat
B. membantu
C.
membuatnya
D.
membantunya
36.
Cermati kalimat berikut!
Menurut kami, sebuah diskusi harus diawali dengan
konsensus mengenai
[...] bahan diskusi.
Kata ulang yang tepat untuk melengkapi kalimat
tersebut adalah ....
A.
batas-batas
B.
batas-batasan
C.
batasan-batasan
D.
pembatasan-pembatasan
37. Cermati
kalimat berikut!
Pelaporan Kartika Cup berjalan sukses. Semua itu dikarenakan dukungan dana dari berbagai
pihak.
Perbaikan kata yang dicetak miring pada kalimat
tersebut adalah ....
A.
Perjalanan, meski
B.
Perjalanan, karena
C. Penyelenggaraan, meski
D.
Penyelenggaraan, karena
38. Cermati
kalimat berikut!
Banyak anak-anak Indonesia yang mengalami
keterlantaran dan penelantaran karena faktor ekonomi keluarga mereka. Mereka
memiliki mimpi yang sama untuk maju dan sejahtera.
Perbaikan kalimat tidak efektif tersebut yang tepat
adalah ...
A. Banyak
anak-anak Indonesia yang
mengalami keterlantaran karena
faktor ekonomi keluarga mereka. Mereka memiliki mimpi yang sama untuk
maju dan sejahtera.
B. Banyak anak Indonesia yang terlantar
karena faktor ekonomi keluarga. Mereka memiliki mimpi yang sama untuk maju dan
sejahtera.
C. Banyak
anak Indonesia yang mengalami keterlantaran karena faktor ekonomi.
Mereka memiliki mimpi yang sama untuk maju dan
sejahtera.
D. Banyak anak Indonesia yang terlantar karena
faktor ekonomi. Mereka memiliki mimpi yang sama untuk maju dan sejahtera.
39. Bacalah
paragraf berikut!
Sejak awal bulan Januari penderita demam berdarah di
DKI Jakarta mencapai
1.752 orang. Mereka rata-rata penduduk usia
produktif. Sehingga pemerintah DKI Jakarta segera menerjunkan petugas medis
untuk secepatnya membantu para pasien. Bantuan obat-obatan dikirim ke
rumah-rumah sakit yang menampung para pasien. Pada musim
hujan memang wabah
ini sering melanda
warga yang tinggal
di kawasan padat penduduk dengan lingkungan yang kumuh.
Perbaikan paragraf tersebuat yang tepat adalah ...
A. Sejak
awal bulan Januari penderita demam berdarah di DKI Jakarta mencapai
1.752 orang. Mereka rata-rata penduduk usia produktif,
pemerintah DKI Jakarta segera menerjunkan petugas medis untuk secepatnya
membantu para pasien. Bantuan obat-obatan dikirim ke rumah-rumah sakit yang
menampung para pasien. Pada musim hujan memang wabah ini sering melanda warga yang tinggal di kawasan padat penduduk dengan
lingkungan yang kumuh.
B. Sejak
awal bulan Januari penderita demam berdarah di DKI Jakarta mencapai
1.752 orang. Mereka rata-rata penduduk usia
produktif. Pemerintah DKI Jakarta segera
menerjunkan petugas medis untuk secepatnya membantu para pasien. Bantuan
obat-obatan dikirim ke rumah-rumah sakit yang menampung para pasien. Pada musim
hujan memang wabah ini sering melanda warga
yang tinggal di kawasan padat penduduk dengan lingkungan yang kumuh.
C. Sejak
awal bulan Januari penderita demam berdarah di DKI Jakarta mencapai
1.752
orang. Mereka rata-rata
penduduk usia produktif
dan pemerintah DKI Jakarta segera menerjunkan petugas medis
untuk secepatnya membantu para pasien. Bantuan obat-obatan dikirim ke
rumah-rumah sakit yang menampung para pasien. Pada musim hujan memang wabah ini
sering melanda warga yang tinggal di kawasan padat penduduk dengan lingkungan
yang kumuh.
D. Sejak
awal bulan Januari penderita demam berdarah di DKI Jakarta mencapai
1.752 orang. Mereka rata-rata penduduk usia
produktif. Kemudian pemerintah DKI Jakarta segera menerjunkan petugas medis
untuk secepatnya membantu para pasien. Bantuan obat-obatan dikirim ke
rumah-rumah sakit yang menampung para pasien. Pada musim hujan memang wabah ini
sering melanda warga yang tinggal di kawasan padat penduduk dengan lingkungan
yang kumuh.
40. Cermati
kalimat berikut!
Sedangkan
cangkangnya biasanya berwarna cokelat atau olive.
Ketidaktepatan penggunaan kata pada kalimat tersebut
adalah
A. Kata sedangkan berada pada awal kalimat.
B. Kata olive tidak dikenal dalam bahasa
Indonesia.
C. Kata cangkang merupakan kata dalam bahasa
Jawa.
D. Kata
biasanya diganti dengan kata pada umumnya.
41. Cermati
kalimat berikut!
Kebersihan lingkungan adalah merupakan aspek yang tidak terpisahkan dari
kehidupan manusia.
Ketidakefektifan kalimat tersebut dikarenakan
penggunaan A. katanya rancu
B. konjungsi
tidak tepat
C. kata
berimbuhan tidak tepat
D. katanya rancu dan konjungsi tidak tepat
42. Cermati
paragraf berikut!
(1) Kebersihan lingkungan
sekolah adalah hal
yang tak bisa
dipisahkan dari kehidupan sekolah
dan merupakan faktor yang sangat penting dalam meraih keberhasilan proses belajar
mengajar. (2) Sehingga kebersihan lingkungan sekolah akan lebih menjamin
kebersihan seseorang dan menyehatkan. (3) Kebersihan tidak sama dengan
kemewahan, kebersihan adalah
usaha manusia agar
lingkungan sekolah tetap sehat terawat secara berkesinambungan.
Ketidakpaduan paragraf tersebut dikarenakan
ketidaktepatan penggunaan A. istilah
B. konjungsi
C. tanda
baca
D. kalimat
penjelas
43. Cermati kalimat berikut!
Kemarin
Brigadir Jenderal Ahmad dilantik menjadi Mayor Jenderal.
Kesalahan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut
adalah ...
A.
Penggunaan huruf kapital pada kata brigadir.
B.
Penggunaan huruf kapital pada kata jenderal.
C.
Penggunaan huruf kapital pada kata brigadir
jenderal
D.
Penggunaan huruf kapital pada kata mayor
jenderal.
44. Cermati
kalimat berkut!
Beberapa
hal yang kita butuhkan adalah: niat, keberanian, dan kreativitas.
Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut
adalah A. Penggunaan tanda koma (,)
sebelum kata dan.
B.
Penggunaan tanda titik dua (:) dan tanda koma.
C.
Penggunaan tanda titik dua (:) sesudah kata adalah.
D.
Penggunaan tanda titik dua ( sesudah kata adalah dan tanda koma (,) sebelum
dan.
45. Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1) Pembagian piket
kelas menjadi salah
satu cara untuk
menjaga kebersihan lingkungan
sekolah.
(2) Petugas piket
biasanya melakukan tugas
membersihkan ruang kelas,
Seperti menyapu kelas, menghapus papan tulis, dan menyiapkan spidol atau
kapur tulis.
(3) Selain itu,
setiap hari jumat
selalu digunakan untuk
melakukan kerja bakti membersihkan sekolah setelah pelajaran
pertama selesai.
(4) Banyak manfaat yang
diperoleh dari kegiatan "Jum'at Bersih. Selain lingkungan sekolah bersih, hubungan
murid dan guru
juga bisa semakin
akrab dengan adanya kerja sama.
Penggunaan ejaan yang tepat pada keempat kalimat
tersebut adalah ...
A. (1) Pembagian piket kelas menjadi salah
satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. (2) Petugas piket
biasanya melakukan tugas membersihkan ruang kelas, Seperti menyapu kelas, menghapus papan tulis, dan menyiapkan spidol atau kapur tulis.
(3) Selain itu, setiap hari Jum‘at selalu digunakan untuk melakukan kerja bakti membersihkan sekolah
setelah pelajaran pertama selesai. (4)
Banyak manfaat yang
diperoleh dari kegiatan
"Jum'at Bersih. Selain lingkungan sekolah bersih, hubungan
murid dan guru juga bisa semakin akrab dengan adanya kerja sama.
B. (1) Pembagian piket kelas menjadi salah
satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. (2) Petugas piket
biasanya melakukan tugas membersihkan ruang kelas, Seperti menyapu kelas, menghapus papan tulis, dan menyiapkan spidol atau kapur tulis. (3)
Selain itu, setiap hari Jumat selalu digunakan untuk melakukan kerja bakti
membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama selesai. (4) Banyak
manfaat yang diperoleh
dari kegiatan "Jumat
Bersih‖.
Selain lingkungan sekolah bersih, hubungan murid dan guru juga bisa
semakin akrab dengan adanya kerja sama.
C. (1) Pembagian piket kelas menjadi salah
satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. (2) Petugas piket
biasanya melakukan tugas membersihkan ruang kelas, seperti
menyapu kelas, menghapus
papan tulis, dan
menyiapkan spidol atau kapur tulis. (3) Selain itu, setiap hari Jumat
selalu digunakan untuk melakukan kerja bakti membersihkan sekolah setelah
pelajaran pertama selesai. (4)
Banyak manfaat yang
diperoleh dari kegiatan
"Jumat Bersih‖.
Selain lingkungan sekolah bersih, hubungan murid dan guru juga bisa
semakin akrab dengan adanya kerja sama.
D. (1) Pembagian piket kelas menjadi salah
satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. (2) Petugas piket
biasanya melakukan tugas membersihkan ruang kelas, seperti
menyapu kelas, menghapus
papan tulis, dan
menyiapkan spidol atau kapur tulis. (3) Selain itu, setiap hari Jumat
selalu digunakan untuk melakukan kerja bakti membersihkan sekolah setelah
pelajaran pertama selesai. (4)
Banyak manfaat yang
diperoleh dari kegiatan
"Jum'at Bersih. Selain lingkungan sekolah bersih, hubungan
murid dan guru juga bisa semakin akrab dengan adanya kerja sama.
46. Cermati
kalimat berikut!
Kapan
Bapak berangkat tanya Hartini.
Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut
adalah
A. ―Kapan
Bapak berangkat‖? tanya Hartini.
B.
―Kapan Bapak berangkat?‖ tanya Hartini.
C.
―Kapan Bapak berangkat‖?, tanya artini.
D.
―Kapan Bapak berangkat?‖, tanya artini.
47. Cermati
kalimat berikut!
Burung Merpati adalah salah satu hewan tersukses di
dunia, karena burung jenis ini ditemui di seluruh belahan dunia kecuali
antartika.
Perbaikan ejaan yang tepat pada kalimat tersebut
adalah ...
A. Burung Merpati adalah salah satu hewan tersukses di dunia,
karena burung jenis ini ditemui di seluruh belahan dunia kecuali Antartika.
B. Burung merpati adalah salah satu hewan tersukses di dunia,
karena burung jenis ini ditemui di seluruh belahan dunia kecuali antartika.
C. Burung Merpati adalah salah satu hewan tersukses di dunia,
karena burung jenis ini ditemui di seluruh belahan dunia kecuali Antartika.
D. Burung merpati adalah salah satu hewan tersukses di dunia,
karena burung jenis ini ditemui di seluruh belahan dunia kecuali Antartika.
48. Cermati
kalimat berikut!
Belajarlah
dengan tekun anak-anak, nasihat Pak Guru!
Perbaikan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut
adalah ...
A.
Belajarlah dengan tekun anak-anak! nasihat Pak Guru!
B. ―Belajarlah
dengan tekun anak-anak!‖, nasihat Pak Guru!
C. ―Belajarlah
dengan tekun anak-anak‖!,
nasihat Pak Guru!
D. ―Belajarlah
dengan tekun anak-anak!
nasihat Pak Guru!
49. Cermati
kalimat berikut!
Saya
telah membaca novel Dari Ave Maria Ke Jalan Lain Ke Roma.
Ketidaktepatan penggunaan ejaan dikarenakan ...
A.
Penggunaan huruf kapital pada kata dari.
B.
Penggunaan huruf kapital pada kata jalan.
C.
Penggunaan huruf kapital pada kata lain.
D.
Penggunaan huruf kapital pada kata depan ke.
50. Cermati kalimat berikut!
Semua siswa, baik yang laki-laki maupun yang
perempuan, mengikuti latihan upacara HUT Kemerdekaan RI ke-tujuh puluh.
Ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat
tersebut dikarenakan ...
A. Penggunaan
tanda koma sebelum kata baik.
B.
Penggunaan tanda koma sebelum kata mengikuti
C.
Penggunaan tanda hubung sebelum kata tujuh
puluh.
D.
Penggunaan tanda koma dan tanda hubung pada kalimat tersebut
Untuk Jawabannya silahkan buka DISINI






0 comments:
Post a Comment