Pilihlah jawaban yang benar di antara
pilihan A, B, C, dan D!
1. Bacalah
teks berikut!
“Bakat itu
adalah 1% ilham ditambah 99% kerja keras.”
Ini adalah kata-kata yang
diucapkan oleh Thomas Alva Edison ketika orang-orang bertanya apakah dia
merupakan orang yang berbakat.
Makna kata yang digarisbawahi pada teks tersebut adalah ….
A. bekerja sungguh-sungguh
B. bekerja karena kewajiban
C. bekerja dengan imbalan
D. bekerja tanpa istirahat
Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 2 dan
3!
Kondisi kebersihan lingkungan di Perumahan
Cendana sangat baik. Selokan terpelihara dengan baik dan tidak
mampat/tersumbat. Tempat pembuangan sampah pun sudah ada di tiap depan rumah
warga. Tempat pembuangan sampah berupa tong besar atau drum.
Kondisinya juga terawat
sehingga tidak menimbulkan
bau tidak sedap. Petugas kebersihan mengambil sampah
setiap tiga hari sekali. Selain itu, setiap satu bulan sekali warga Perumahan
Cendana melakukan kerja bakti membersihkan selokan dan rumput-rumput liar di
sekitar perumahan.
2. Isi tersurat
dari teks tersebut adalah …
A. Masyarakat melaksanakan
kerja bakti setiap akhir pekan.
B. Kebersihan lingkungan di
Perumahan Cendana sangat baik.
C. Kesadaran masyarakat Perumahan
Cendana masih kurang.
D. Perumahan Cendana adalah
area kompleks tempat tinggal.
3. Simpulan isi
teks tersebut adalah …
A. Membuang sampah pada
tempatnya adalah contoh bentuk peduli kebersihan.
B. Kebersihan lingkungan
adalah tanggung jawab masyarakat dan pemerintah.
C. Kesadaran warga Perumahan
Cendana tentang kebersihan sangat tinggi.
D. Petugas kebersihan selalu
menjalankan kewajiban menjaga kebersihan.
Bacalah kutipan teks berikut
kemudian kerjakan soal nomor 4 dan 5!
Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.
Dengan berolahraga akan membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Hal itu dapat
dirasakan oleh semua orang yang berolahraga. Tak bisa dipungkiri bahwa olahraga
menjadi salah satu gaya hidup yang wajib dilakukan setiap orang. Tak peduli itu
orang dewasa ataupun anak-anak, jika tak pernah berolahraga pasti akan
merasakan dampat negatifnya.
4. Ide pokok
kutipan teks tersebut adalah ….
A. pentingnya kesehatan
B. gaya hidup berolahraga
C. manfaat berolahraga
D. dampak negatif olahraga
5. Isi tersirat kutipan teks
tersebut
adalah …
A. Olahraga sangat bermanfaat
bagi kesehatan manusia.
B. Ingin tubuh sehat dan
bugar, lakukan olahraga secara rutin.
C. Jika tidak pernah
berolahraga, pasti akan merasakan dampak negatifnya.
D. Olahraga menjadi salah
satu gaya hidup yang wajib dilakukan setiap orang.
6. Bacalah kutipan teks berikut!
(1)Sayangnya artikel tersebut lebih bersifat teoritis.
Sebagian besar uraian dalam artikel lebih banyak mengambil teori pembangunan
karakter dari beberapa tokoh. 2) Dukungan berupa data yang
menunjukkan adanya krisis karakter di
negeri ini pun belum ada. (3) Begitu pula data
yang mendukung keberhasilan pembangunan karakter di negara lain yang dicontohkan
pun tidak ditemukan. (4) Namun demikian,
artikel tersebut baik untuk kita baca. Paling tidak, artikel itu dapat menambah
wawasan tentang pembangunan karakter bangsa.
Mahir Berbahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX
Simpulan pendapat yang mendukung isi kutipan teks
tersebut adalah …
A. Sebagian besar
uraian dalam artikel
banyak mengambil teori
pembangunan
karakter dari beberapa tokoh.
B. Data
yang mendukung keberhasilan pembangunan karakter di negara lain pun tidak
ditemukan.
C. Dukungan
berupa data yang menunjukkan adanya
krisis karakter di negeri ini pun belum ada.
D. Artikel
tersebut layak dibaca untuk menambah wawasan pembangunan karakter bangsa.
7. Bacalah kutipan teks
berikut!
Aktivitas belajar bukanlah suatu kegiatan
yang dilakukan tanpa pengaruh dari faktor lain. Aktivitas belajar merupakan
kegiatan yang melibatkan unsur jiwa dan raga. Belajar tidak akan pernah
dilakukan tanpa suatu dorongan yang kuat, baik dalam dirinya yang lebih utama
maupun dari luar sebagai upaya lain yang tidak kalah pentingnya. Faktor lain
yang mempengaruhi aktivitas
belajar seseorang itu
dalam pembahasan ini
disebut motivasi. Motivasi mempunyai peranan yang sangat penting dalam
aktivitas belajar siswa. Tidak ada seorang pun yang belajar tanpa motivasi.
Tidak ada motivasi berarti tidak ada kegiatan belajar.
Ringkasan kutipan tersebut
adalah …
A. Aktivitas belajar
dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri dan dari luar diri.
B. Tidak ada seorang pun yang
belajar tanpa motivasi untuk hidup lebih baik.
C. Aktivitas belajar
merupakan kegiatan yang melibatkan unsur jiwa dan raga.
D. Aktivitas belajar
seseorang sangat dipengaruhi oleh semangat untuk maju.
8. Cermati kutipan teks berikut!
Teks
I
|
Teks
II
|
Di
dataran rendah
yang kering,
tanaman mangga dapat menerima sinar
matahari selama 12 jam penuh sepanjang tahun. Sinar matahari berperan untuk
pembentukan buah. Semakin intensif sinar matahari, semakin manis buah yang
dihasilkan. Itulah sebabnya kawasan gurun dapat menghasilkan buah
mangga yang cukup manis.
|
Kegiatan transportasi harian relatif
menimbulkan pergerakan yang bersifat
berulang, misalnya yang terjadi pada para pekerja dan mereka yang menempuh
pendidikan di sekolah. Di Yogyakarta, kota kita tercinta
ini, kemacetan terjadi
setiap hari pada titik-titik yang menjadi jalur pergerakan para
pekerja dan siswa dari tempat tinggal menuju lokasi kerja dan sekolah.
|
Perbedaan penggunaan bahasa kedua kutipan teks tersebut
adalah ….
Teks
I
|
Teks
II
|
|
A
|
beragam bahasa resmi
|
beragam bahasa tidak resmi
|
B
|
beragam bahasa tidak resmi
|
beragam bahasa resmi
|
C
|
menggunakan kata penghubung sebab
|
menggunakan kata penghubung dan
|
D
|
menggunakan kata penghubung dan
|
menggunakan kata penghubung sebab
|
9. Bacalah kutipan teks berikut!
(1)Buku kumpulan
cerpen “Hujan Kepagian” ini cukup menarik karena buku ini menceritakan tentang revolusi
kemerdekaan. (2)Hanya sedikit karya sastra
yang menampilkan kisah di sekitar revolusi yang dialami oleh si pengarang. (3)Selain itu, buku ini memiliki amanat yang mengajak
generasi muda untuk tetap berjuang mempertahankan kemerdekaan. (4)Pengarang menggunakan beberapa kosa kata Belanda sehingga
pembaca kurang memahami arti kata tersebut.
Kelemahan karya sastra pada kutipan tersebut ditandai
nomor ….
A.
|
(1)
|
B.
|
(2)
|
C.
|
(3)
|
D.
|
(4)
|
Bacalah kutipan fabel berikut kemudian kerjakan soal nomor 10 s.d.13!
Singa dan Seekor Tikus
(1) Seekor singa sedang tidur dengan lelap di dalam
hutan, dengan kepalanya yang besar bersandar pada telapak kakinya. Seekor tikus
kecil secara tidak sengaja berjalan di dekatnya, dan setelah tikus itu sadar
bahwa dia berjalan di depan seekor singa yang tertidur, sang Tikus menjadi
ketakutan dan berlari dengan cepat, tetapi karena ketakutan, sang Tikus malah
berlari di atas hidung sang Singa yang sedang tidur.
(2) Sang Singa menjadi terbangun dan dengan sangat marah menangkap
makhluk kecil itu dengan cakarnya yang sangat besar.
"Ampuni saya!" kata sang Tikus. "Tolong lepaskan saya
dan suatu saat nanti saya akan membalas kebaikanmu."
(3) Singa menjadi tertawa dan merasa lucu saat berpikir bahwa seekor
tikus kecil akan dapat
membantunya. Tetapi dengan baik hati, akhirnya singa tersebut
melepaskan tikus kecil itu.
(4) Suatu hari,
ketika sang Singa mengintai
mangsanya di dalam
hutan, sang Singa tertangkap oleh
jala yang ditebarkan
oleh pemburu. Karena
tidak dapat membebaskan dirinya sendiri, sang Singa
mengaum dengan marah ke seluruh hutan. Saat itu sang Tikus yang pernah
dilepaskannya mendengarkan auman itu dan dengan cepat menuju ke arah di mana
sang Singa terjerat pada jala. Sang Tikus kemudian menemukan sang Singa yang
meronta-ronta berusaha membebaskan diri dari jala yang menjeratnya.
(5) Sang Tikus kemudian berlari ke tali besar yang menahan jala
tersebut, dia lalu menggigit tali tersebut sampai putus hingga akhirnya sang
Singa dapat dibebaskan.
"Kamu tertawa ketika saya berkata akan membalas perbuatan
baikmu," kata sang Tikus.
"Sekarang kamu lihat bahwa walaupun kecil, seekor tikus dapat juga
menolong seekor singa."
10. Makna kata yang
digarisbawahi pada fabel tersebut adalah ….
A. mengamat-amati dari tempat
tersembunyi
B. menggunakan mata untuk
memandang
C. memperhatikan dengan
saksama
D. melihat melalui lubang
kecil
11. Makna tersurat pada
kutipan fabel tersebut adalah …
A. Jangan pernah ragu-ragu
untuk berbuat kebaikan.
B. Seekor tikus dapat juga
menolong seekor singa. C. Jangan
menilai seseorang dari ukuran fisiknya. D.
Kebaikan yang ditanam akan berbuah kebaikan.
12. Tahapan pengenalan pada
kutipan fabel tersebut ditandai nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
13. Latar pada kutipan fabel tersebut
adalah di ….
A. sungai B.
kolam C. jalan D.
hutan
Bacalah kutipan cerpen berikut kemudian
kerjakan soal nomor 14 s.d. 17!
…. Sampai di rumah, Shinta langsung tidur. Usai tidur,
Shinta mengerang kesakitan. Ibu Shinta pun membawa Shinta ke rumah sakit. Sampai
di rumah sakit, Shinta langsung ditidurkan di kasur rumah sakit.
“Dok, ini anak saya kenapa?” tanya Ibu Shinta
panik. Dokter pun mengambil tindakan
untuk mengoperasi Shinta, namun sayang Allah berkehendak lain. Shinta meninggal
saat operasi berlangsung. Dokter pun ke luar dari ruang operasi.
“Bu, tim kami telah berusaha sebisa kami. Namun Tuhan
berkehendak lain. Shinta telah tiada, Bu. Sabar ya, Bu.” ujar dokter
memegang pundak Ibu Shinta.
“Enggak Dok, Dokter bohong kan?” elak Ibu tak
percaya, lalu Ibu berlari memasuki
ruang operasi.
“Shinta! Ibu sayang sama kamu,Nak. Jangan
tinggalin Ibu sayang!” ujar Ibu memeluk tubuh Shinta yang tak bernyawa. Ibu pun memberitahu
Fira dan Lila tentang keadaan Shinta saat ini.
Fira dan Lila pun segera menuju rumah sakit. Sampainya di rumah sakit
Fira langsung memeluk tubuh Shinta yang kaku.
“Shinta! Jangan pergi, aku masih
butuh kamu, Shin!”
ujar Fira dengan air mata yang
terus mengalir dari matanya.
“Sabar Fir, sabar. Kamu harus ikhlas,”
ucap Lila menenangkan Fira.
Upacara pemakaman Shinta pun akan diadakan, semua orang menggunakan
pakaian serba hitam. Setelah Shinta dimasukkan ke tempat peristirahatan
terakhirnya, semua orang kembali pulang, namun Lila dan Fira masih menunggu di
makam Shinta. “Shinta, aku akan selalu jadi sahabatmu. Karena kita sahabat sejati. Shinta, terima kasih atas kadomu
yang terakhir kalinya,” ucap Fira memeluk batu nisan yang
bertuliskan „Shinta Ramadhani‟.
14. Simpulan
makna simbol pakaian serba hitam pada
kutipan cerpen tersebut adalah ….
A.
kegembiraan
B. pemakaman
C. berduka
cita
D. bersuka
ria
15. Isi tersirat pada kutipan
cerpen tersebut adalah …
A. Shinta
memberi kado terakhir kepada sahabatnya
Fira.
B. Persahabatan yang sejati
akan terbawa sampai akhir hayat. C.
Lila menenangkan Fira yang bersedih karena kehilangan.
D. Fira dan
Lila menghadiri acara pemakaman sahabat sejatinya.
16.
Sebab terjadinya konflik pada kutipan cerpen tersebut
adalah …
A. Fira salah paham.
B. Ibu memaksa Lila.
C. Lila menyakiti Fira.
D. Shinta menderita sakit.
17. Akibat konflik pada
kutipan cerpen tersebut adalah …
A. Shinta meninggal saat
dioperasi penyakitnya.
B. Ibu membawa Shinta berobat
ke rumah sakit.
C. Fira menyesal karena
telah salah menilai Lila.
D. Shinta menemani Lila
meminta maaf pada Fira.
Bacalah kutipan kedua cerpen berikut kemudian kerjakan soal nomor 18 dan
19!
Kutipan
I
|
Kutipan
II
|
Impian Seorang Gadis Miskin
“Hari
ini kita akan membahas tentang
impian,” ucap Bu Tya, guru Bahasa Indonesiaku.
“Tuliskan apa impian kalian serta beberapa alasan kenapa kalian ingin menjadi
seperti itu pada satu lembar kertas. Mengerti?” Kami semua mengangguk. Satu hal yang
muncul dalam pikiranku,
menjadi seorang
penulis. …
Anadya Alyasavitri, http://cerpenmu.com
|
Masih Ada Harapan
Yang mencintaimu tidak hanya satu orang,
yang memperhatikanmu juga tidak satu orang, yang perlu kamu juga tidak hanya
satu orang, ada keluargamu, teman-tamanmu, orang di
sekitarmu yang perlu kehadiranmu dalam hidup mereka, jangan jadikan satu
orang sebagai alasan untukmu berhenti berharap hidupmu harus tetap berjalan. …
Rosiana, http://cerpenmu.com
|
18. Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan
cerpen tersebut adalah diawali dengan ....
Kutipan
I
|
Kutipan
II
|
|
A
|
rumitan
|
peleraian
|
B
|
klimaks
|
rumitan
|
C
|
peleraian
|
penyelesaian
|
D
|
penyelesaian
|
peleraian
|
19. Perbedaan penggunaan
bahasa kedua kutipan cerpen tersebut adalah ….
Kutipan
I
|
Kutipan
II
|
|
A
|
menggunakan majas
|
tidak menggunakan
majas
|
B
|
bermakna konotasi
|
bermakna denotasi
|
C
|
kalimatnya singkat, jelas
|
kalimatnya panjang, bertele-tele
|
D
|
kalimatnya panjang, membingungkan
|
kalimatnya singkat, jelas
|
Bacalah kutipan fabel berikut kemudian kerjakan soal nomor 20 s.d. 22!
…. Untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu yang terbang melintas.
Kemudian, kupu-kupu menjulurkan sebuah ranting ke arah semut.
“Semut, peganglah erat-erat ranting itu. Nanti aku akan
mengangkat ranting itu.”
Lalu, sang semut memegang erat ranting itu. Si kupu-kupu mengangkat
ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman.
“Kemudian, sang semut
berterima kasih kepada kupu-kupu karena kupu-kupu
telah menyelamatkan nyawanya. Ia memuji kupu-kupu sebagai binatang yang
hebat dan terpuji.
Mendengar pujian itu, kupu-kupu berkata kepada semut.
“Aku adalah
kepompong yang pernah kau ejek,” kata si kupu-kupu. Ternyata, kepompong yang dulu diejek sudah
menyelamatkan dirinya.
Akhirnya, sang semut berjanji pada kupu-kupu bahwa ia
tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di taman itu.
Dimodifikasi “Semut yang Sombong”dalam 50 cerita fabel
dunia.
20. Komentar yang tepat
terhadap isi kutipan fabel tersebut adalah …
A. Setiap melakukan
sesuatu hendaklah dipikir
terlebih dahulu supaya
tidak
menyesal kemudian.
B. Isi
fabel itu sangat baik untuk ditiru, kita jangan suka menghina semua makhluk
ciptaan Tuhan.
C. Pemilihan
latar pada kutipan fabel tersebut kurang sesuai, seharusnya pemilihan latarnya
di hutan.
D. Pemilihan tokoh
semut dan kupu-kupu
sangat sesuai dengan
karakter yang dimiliki kedua
tokoh tersebut.
21. Komentar pola pengembangan
kutipan fabel tersebut adalah diawali dengan …
A. Pola pengembangan kutipan
fabel itu menarik karena diawali dengan perumitan.
B. Kutipan fabel tersebut
kurang menarik karena diawali dengan tahapan klimaks.
C. Pola pengembangan
fabel tersebut kurang
menarik karena diawali
dengan peleraian.
D. Kutipan pengembangan fabel
tersebut sangat menarik
karena diawali penyelesaian.
22. Penggunaan bahasa pada
kutipan fabel tersebut adalah ….
A. menggunakan kata bermakna
kiasan
B. berbahasa Indonesia yang
mudah dipahami
C. kalimatnya jelas dan
bermakna denotasi
D. kalimatnya panjang dan
sulit dimengerti
23. Cermati kalimat berikut!
Kebersihan lingkungan
sekolah adalah salah
satu faktor terpenting untuk […]
kenyamanan, baik di
lingkungan rumah maupun di lingkungan sekitar.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut
adalah ….
A. menciptakan
B. membentuk
C. menyusun
D. mencipta
24. Cermati
teks berikut!
Mengatasi Rasa Sakit Tersiram Air Panas
(1) Ambillah sepelepah daun lidah buaya! (2) Cuci hingga bersih!
(3) […]
(4) Tempelkan pada bagian yang tersiram air panas!
(5) Ulangi beberapa
kali hingga rasa sakit hilang!
Kalimat yang tepat untuk
melengkapi petunjuk tersebut adalah …
A. Kupas bagian kulitnya!
B. Biarkan sekitar 10 menit!
C. Tempelkan pada kulit yang
luka!
D. Lepaskan dari luka bila
sudah sembuh!
25. Cermati
kalimat-kalimat berikut!
(1) Pengalaman pertama yang membuat kami semakin bersyukur kepada Tuhan
YME.
(2) Esok paginya, setelah puas kami pun turun gunung
dengan perasaan penuh haru dan syukur.
(3) Malam tahun baru di puncak gunung, pengalaman pertama kami. (4)
Pendakian itu kami lakukan menjelang malam tahun baru.
(5) Perjalanan mendaki
Gunung Merapi sangat menakjubkan.
Urutan kalimat-kalimat tersebut yang tepat
adalah ….
A.
|
(4), (2), (5),
(3), (1)
|
B.
|
(4), (3), (2), (5), (1)
|
C.
|
(5), (4), (3), (1), (2)
|
D.
|
(5), (1), (2), (4), (3)
|
26. Cermati
kalimat berikut!
Motivasi sangat penting
artinya dalam kegiatan
belajar, sebab adanya
motivasi mendorong semangat
belajar dan sebaliknya kurang
adanya motivasi akan […]
Kata yang tepat untuk melengkapi
kalimat rumpang tersebut adalah ….
A. membuang
B. mengecilkan
C. melemahkan
D. menghilangkan
27. Bacalah
teks berikut!
Seperti diketahui, motivasi belajar pada siswa tidak
sama kuatnya. Pada siswa yang motivasinya
bersifat intrinsik, kemauan
belajarnya lebih kuat. […] Sebaliknya dengan siswa yang motivasi belajarnya
bersifat ekstrinsik, kemauan untuk belajar sangat tergantung pada kondisi di
luar dirinya.
Kalimat yang tepat untuk
melengkapi teks tersebut adalah …
A. Motivasi belajar sangat
bergantung pada diri sendiri.
B. Siswa tersebut tidak
tergantung pada faktor di luar dirinya.
C. Motivasi berdasarkan
sifatnya dibedakan menjadi dua jenis.
D. Siswa belajar ketika akan
menghadapi ulangan kenaikan kelas.
28. Bacalah teks berikut!
Puisi-puisi di dalam buku ini banyak bercerita tentang
tema pendidikan. Penulis terinspirasi ketika menatap wajah para siswa yang
lugu, polos, tak berdosa. Selain itu, penulis banyak mengungkapkan sesuatu yang
sesuai dengan gejala alam yang senantiasa melingkupi kehidupannya.
[…]
Puisi-puisi di buku ini diperuntukkan bagi
pembaca khususnya siswa SMP dan SMA. Hal ini mengingat kebutuhan akan buku-buku
kumpulan puisi yang layak dijadikan sebagai buku pelengkap bahan ajar sangat
tinggi.
Banyak buku puisi yang terbit, tetapi tidak
sebanyak buku-buku yang layak dibaca untuk siswa SMP dan SMA. Terbitnya buku
puisi karya Darmawati ini, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan bahan bacaan
sastra di sekolah. Puisi-puisi di dalam buku ini sederhana tetapi memiliki
kedalaman makna.
Diolah dari sumber http://brainly.co.id
Paragraf yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ….
A. Puisi “Ragaku” merupakan salah
satu puisi karya Tri Oktiana. Puisi ini cukup unik. Pemilihan diksi yang sederhana tidak membuat
makna yang timbul terasa hambar, datar, atau kurang menarik. Namun justru
sebaliknya. Puisi ini seperti sebuah sumur di tengah padang pasir.
B. Buku
puisi ini sangat
membantu bagi guru-guru
untuk mengajarkan bahan pembelajaran puisi. Hanya sangat disayangkan, buku puisi ini
tidak dilengkapi dengan ilustrasi gambar. Meskipun demikian, puisi-puisinya
mudah dipahami dan dikemas dalam bentuk untaian larik yang sederhana.
C. Penulis
novel ini dengan
cerdas mengambil sesuatu
yang beda demi menyampaikan pesan tentang keagungan
Tuhan. Manusia memang tidak ada apa- apanya. Manusia tidak akan menjadi
"kuat", kaya, pintar, hebat, dan lain sebagainya, apabila Tuhan tak
berkehendak padanya untuk menjadi demikian.
D. Namun sebagian dari manusia berbuat banyak
kerusakan, sementara hati tak sadar tentang siapa diri mereka dan siapa yang
menciptakan mereka. Mereka berpikir seolah
bebas berbuat apa
saja. Padahal dalam
ketidaksadaran macam itu, kekuasaan Tuhan tak dapat diragukan
lagi.
29. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
Langkah-langkah membuat nasi goreng
1.
Panaskan mentega, lalu masukkan bumbu halus dan cabai merah, masaklah hingga harum!
2. Setelah harus, masukkan nasi,
ayam, udang, kemudian aduk hingga rata!
3. Tambahkan saus tomat dan
kecap manis, aduk lagi hingga benar-benar merata!
4. Setelah matang, angkat dan sajikan selagi
hangat!
Perubahan teks tersebut menjadi
kutipan teks cerpen yang tepat adalah …
A. Liburan di Rumah Nenek
Rina sedang berlibur ke rumah nenek di kampung. Minggu
pagi, ia menuju dapur menemui nenek. Ia ingin sekali belajar membuat nasi
goreng seperti masakan nenek. “Nek, ajarin Rina buat nasi goreng, ya,” pinta
Rina. “Ya,” jawab Nenek. Pertama panaskan mentega, lalu masukkan bumbu
halus dan cabai merah, masaklah hingga
harum. Setelah harum, masukkan nasi, ayam, udang, kemudian aduk hingga rata.
Jangan lupa tambahkan saus tomat dan kecap manis, aduk lagi hingga benar-benar
merata. Nah…setelah matang, angkat dan sajikan di piring. Nasi goreng istimewa
siap dinikmati,” kata Nenek.
B. Sarapan Istimewa
Minggu pagi, semua anggota keluarga berkumpul di
rumah. Ibu mengajakku menyiapkan sarapan. Kami pun berdua menuju ke dapur.
“Ibu, cara
membuat nasi goreng gimana?” tanya
Fatimah dengan manja. “Bener kamu mau belajar membuat
nasi goreng,?” Ibu tidak
yakin. “Benar, Bu.” “Baiklah, pertama siapkan nasi
secukupnya. Tambahkan telur, bawang putih dan cabe. Jika ingin pedas, tambahkan cabenya. Tumis semua
bumbu hingga harum, masukkan nasi dan aduk-aduk hingga bumbu tercampur rata.
Tambahkan kecap manis jika suka. Itulah
cara membuat nasi
goreng,” Ibu mengakhiri penjelasannya.
C. Bang Midun
Malam Minggu, Faras pergi membeli nasi goreng
kesukaannya, yakni nasi goreng sosis. Faras selalu membeli di Bang Midun
penjual nasi goreng kaki lima langganannya. Bang Midun pun mulai membuat nasi
goreng sosis. Pertama, ia menggoreng sosis yang sudah dipotong-potong tipis.
Setelah itu, menumis bumbu halus yang telah disiapkannya. Setelah bumbu tercium
aromanya, ia tambahkan nasi sepiring. Kemudian, ia mengaduk-aduk hingga bumbu
tercampur rata. Tambahkan bumbu penyedap secukupnya. Kemudian ia mengaduk-aduk
kembali hingga rata. Terakhir ia tambahkan sosis goreng dan diaduk
kembali. Nasi goreng sosis telah selesai
dan siap disantap.
D. Liburan di Rumah
Minggu pagi, Yona akan memasak nasi goreng untuk
keluaarga. Ia pun menyiapkan bahan-bahannya. Setelah siap, ia mulai memasak.
Pertama, ia memanaskan mentega, lalu memasukkan bumbu
halus dan cabai merah, ditumis hingga harum.
Setelah harum, masukkan nasi kemudian aduk hingga rata. Tambahkan bumbu
penyedap dan teri medan yang sudah digoreng kering. Setelah matang, angkat dan
sajikan di piring. Nasi goreng teri medan siap disantap.
30. Perhatikan ilustrasi berikut!
Mengamati pohon jeruk nipis
- Tinggi pohon 3, 5 meter
- Batangnya bulat berduri
- Bentuk daun elips, pangkal
membulat, ujung tumpul, tepi beringgit
- Panjang daun 2,5 – 9 cm, lebar 2 – 5 cm
- Pertulangan daun menyirip, panjang tangkai
2,5 – 9 cm dan lebar 2 – 5 cm
Penulisan teks laporan yang sesuai dengan data-data tersebut yang
tepat adalah …
A. Buah jeruk nipis dapat digunakan untuk
merawat kesehatan. Salah satunya untuk rambut kita. Selain itu, sekaligus juga
untuk mengatasi beberapa masalah seperti kulit kepala berminyak, rambut berketombe, rambut rontok, dan
rambut yang susah diatur.
Caranya cukup sederhana,
yaitu membasuh rambut
dengan air hangat yang telah
dicampur dengan perasan jeruk nipis.
B. Buah jeruk nipis itu rendah kalori. Ia
menjadi bahan yang sempurna bagi mereka yang berlebihan ukuran badan. Sebagai
gambaran, jika rutin mengonsumsi air hangat yang telah dicampur dengan perasaan
air jeruk nipis, lemak di tubuh akan terkikis. Oleh sebab itu, sangat
dianjurkan untuk minum air hangat dengan campuran jeruk nipis.
C. Pohon jeruk nipis ternyata memiliki banyak
manfaat. Selain untuk obat-obatan, jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai
bahan campuran untuk sambal dan kuah soto. Caranya pilih jeruk nipis yang masih
segar lalu belah menjadi dua dan peras di atas sambal dan kuah soto. Selamat
menikmati sambal segar dengan perasan jeruk nipis.
D. Pohon jeruk nipis dapat mencapai tinggi 3,5
m. Batang berkayu berbentuk bulat berduri
berwarna putih kehijauan.
Daun majemuk, berbentuk
elips atau bulat telur, pangkal membulat, ujung tumpul,
tepi beringgit. Panjang daun 2,5–9 cm, lebar 2–5 cm. Pertulangan daun menyirip, panjang tangkai 2,5–5
mm, bersayap, berwarna hijau.
31. Perhatikan kalimat berikut!
(1)
Kemarin siang telah (2) terjadi tabrakan beruntun (3) di mana melibatkan
lima kendaraan dan (4) mengakibatkan dua orang penumpang luka berat.
Penggunaan kata yang
tidak tepat pada kalimat tersebut ditandai nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
32. Cermati
kalimat-kalimat berikut!
(1) Kekeringan timbul tanpa dapat diprediksi secara tepat.
(2) Hujan
turun secara tidak
merata meskipun pada
umumnya hujan terjadi
di seluruh daerah.
(3) Ada daerah yang lebih mendapatkan curah
hujan dan ada pula daerah yang kurang mendapatkan
curah hujan.
(4) Kekeringan adalah keadaan kekurangan
air yang sangat ekstrim sekali dalam waktu lama.
Kalimat tersebut yang tidak efektif ditandai dengan nomor
….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
33. Bacalah teks berikut!
(1) Nilai sosial dalam novel karya Andrea Hirata ini
sangat menonjol. (2) Dinas Sosial Salah salah satu tugasnya membantu orang yang
kesusahan atau tertimpa musibah. (3) Hal itu dibuktikan rasa setia kawan yang
begitu tinggi antara tokoh Ikal, Arai, dan Jimbron. (4) Masing-masing saling
mendukung dan membantu antara satu dengan yang lain dalam mewujudkan
impian-impian mereka sekalipun hampir mencapai batas kemustahilan.
Ketidakpaduan paragraf tersebut
ditandai dengan nomor ….
A.
|
(1)
|
B.
|
(2)
|
C.
|
(3)
|
D.
|
(4)
|
34. Perhatikan kalimat berikut!
Mereka yang mengalami
gangguan dalam penglihatan diakibatkan oleh
kelainan/kerusakan pada organ penglihatan dinamakan […].
Istilah yang tepat untuk
melengkapi kalimat tersebut adalah ….
A. tunanetra
B. tunadaksa
C. tunagrahita
D. tunawicara
35. Cermati kalimat berikut!
Namun, seiring dengan perjuangan dan kerja keras tanpa henti, Andrea
mampu meraih sukses sebagai […] memoar kisah masa kecilnya yang penuh dengan
keperihatinan.
Kata berimbuhan yang tepat untuk
melengkapi kalimat tersebut adalah ….
A. penulis
B. pembuat
C. penyusun
D. pengarang
36. Cermati kalimat berikut!
Buku ini menceritakan kehidupannya […] sejak ia kecil
hingga dewasa.
Kata ulang yang tepat untuk
melengkapi kalimat tersebut adalah ….
A. perhari-hari
B. sehari-hari
C. sehari-sehari
D. tiap hari-hari
37. Cermatilah
ilustrasi berikut!
Hiu dengan buasnya
melahap ikan-ikan yang
besar lalu lumba-lumba hanya memakan ikan-ikan kecil yang berada di
dekatnya.
Perbaikan kata
yang ditulis miring pada kalimat tersebut yang tepat adalah ….
A. daripada
B. walaupun
C. kemudian
D. sedangkan
38. Perhatikan kalimat berikut!
Terlepas dari
beberapa kekurangan-kekurangan yang
ada, buku ini layak digunakan untuk mengajari semua anak-anak tentang konsep matematika secara sangat
menyenangkan sekali.
Perbaikan kalimat tersebut
supaya menjadi kalimat
efektif adalah dengan
menghilangkan kata …
A. beberapa, kekurangan, dan anak
B. beberapa, kekurangan, dan sekali
C. kekurangan, semua, dan sekali
D. kekurangan, anak, dan konsep
39. Bacalah
teks berikut!
(1)Lingkungan hidup harus kita jaga kelestariannya
sampai dunia ini berakhir. (2) Kelestarian lingkungan adalah tanggung jawab
semua orang, tanpa terkecuali. (3) Oleh sebab itu, setiap orang wajib menjaga
kelestarian lingkungan. (4) Dinas Kehutanan bertugas menjaga kelestarian hutan.
(5) Jangan sampai lingkungan kita hancur karena ulah kita sendiri.
Perbaikan paragraf tersebut supaya menjadi padu adalah menghilangkan
kalimat nomor
....
A. (2)
B. (3)
C. (4)
D. (5)
40. Bacalah ilustrasi berikut!
Pada tahun 1980, Bung Hatta meninggal dunia dan di makamkan di Tanah Kusir, Jakarta.
Alasan ketidaktepatan penggunaan
kata yang digarisbawahi
pada kalimat tersebut
adalah …
A. penulisan di digabung karena di sebagai awalan
B. penulisan di dipisah karena di sebagai kata depan
C. di makamkan diganti dengan di
kebumikan
D. di makamkan diganti dengan di
semayamkan
41. Perhatikan
kalimat berikut!
Sejak dari masa kecil Habibie sudah sangat senang sekali membaca banyak
buku- buku.
Alasan ketidakefektifan kalimat tersebut adalah karena berlebihan menggunakan kata
…
A. dari, masa, sudah, dan sekali
B. dari, masa, sekali, dan banyak
C. sudah,sangat, senang, dan buku
D. sejak, sudah, banyak, dan buku
42. Perhatikan
paragraf berikut!
(1)Kebudayaan dapat dilihat dari dua sisi, yaitu
kebudayaan fisik dan kebudayaan nonfisik. (2) Kebudayaan fisik jelas karena
merujuk pada benda-benda. (3) Kebudayaan
nonfisik ada yang
berupa pemikiran dan
ada yang berupa
wujud tingkah laku. (4) Untuk menjaga kebugaran fisik kita perlu
melakukan olahraga secara rutin.
Alasan ketidakpaduan paragraf
tersebut adalah karena kalimat nomor ….
A. (1) tidak ada hubungannya
dengan kalimat (2), (3), dan (4)
B. (2) tidak ada hubungannya
dengan kalimat (1), (3), dan (4)
C. (3) tidak ada hubungannya
dengan kalimat (1), (2), dan (4)
D. (4) tidak ada hubungannya
dengan kalimat (1), (2), dan (3)
43. Perhatikan kalimat berikut!
Novel Negeri 5
Menara memberikan pelajaran (1) hidup bagi para remaja (2) kususnya, bahwa
(3) sgala keinginan, mimpi, harapan, dan cita-cita dapat diraih dengan kerja
keras dan (4) kesungguhan serta restu dari (5) orangtua.
Kesalahan
penggunaan ejaan pada kalimat tersebut ditandai nomor .…
A. (1), (2),
dan (3)
B. (1), (2),
dan (5)
C. (2), (3),
dan (4)
D. (2), (3),
dan (5)
44. Perhatikan kalimat berikut!
“Tentu saja, itu gagasan yang
baik: Lebih baik berlima daripada
berempat,” jawab
Aminah.
Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah .…
A. tanda baca titik dua (:)
seharusnya tanda baca titik (.)
B. tanda baca titik dua (:) seharusnya tanda
baca koma (,)
C. tanda baca titik dua (:)
seharusnya tanda baca titik koma (;) D.
tanda baca titik dua (:) seharusnya tanda baca kutip dua (”)
45. Cermatilah
kalimat-kalimat berikut!
(1) Upacara hari Pahlawan
diperingati setiap tanggal 10 Nopember. (2)
Ismail Marzuki lahir di Kwitang, Senen, Batavia, 11 Mai 1914.
(3) Thomas Alva Edison lahir di
Milan, Amerika Serikat, 11 Februari
1847.
(4)
Gus Dur pernah berkata, “Di Indonesia ini cuman ada tiga polisi
jujur, polisi tidur, patung polisi, dan Hoegeng.”
Penggunaan ejaan yang tepat pada keempat kalimat tersebut ditandai nomor
….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
46. Perhatikan
kalimat berikut!
Maafkan aku Andi
selama ini aku
menjauhimu Padahal kamu
tidak pernah menyakitiku kata Imran
Penggunaan tanda baca yang tepat
pada kalimat tersebut adalah …
A. “Maafkan aku,
Andi, selama ini aku menjauhimu”.
Padahal kamu tidak pernah
menyakitiku tanya Imran.
B. “Maafkan aku, Andi, selama ini aku
menjauhimu. Padahal kamu tidak pernah
menyakitiku,” kata Imran.
C. “Maafkan
aku. Andi, selama ini aku menjauhimu.” “Padahal kamu tidak pernah menyakitiku?”
kata Imran.
D. “Maafkan aku Andi, selama ini aku
menjauhimu. Padahal kamu tidak pernah menyakitiku kata Imran.”
47. Perhatikan
kalimat berikut!
Bandar udara internasional di jakarta, bandar udara soekarno-hatta,
menggunakan namanya sebagai penghormatan terhadap jasa-jasanya.
Perbaikan ejaan pada kalimat
tersebut yang tepat adalah …
A. Bandar udara
internasional di
Jakarta, Bandar Udara
Soekarno-Hatta,
menggunakan namanya sebagai penghormatan terhadap jasa-jasanya.
B. Bandar udara
Internasional di Jakarta,
Bandar Udara Soekarno-Hatta, menggunakan namanya sebagai
penghormatan terhadap jasa-jasanya.
C. Bandar udara
internasional di Jakarta,
bandar udara Soekarno-Hatta, menggunakan namanya sebagai
penghormatan terhadap jasa-jasanya.
D. Bandar Udara
Internasional di Jakarta,
bandar udara Soekarno-Hatta, menggunakan namanya sebagai
penghormatan terhadap jasa-jasanya.
48. Cermati kalimat berikut!
Pohon itu menjawab! Wahai Burung
Jalak, tinggallah sesukamu! “Kau tinggal pilih buah mana yang kau suka.”
Perbaikan penggunaan tanda baca
kalimat pada kalimat tersebut yang tepat adalah …
A. Pohon itu
menjawab; “Wahai Burung Jalak, tinggallah sesukamu?” Kau tinggal
pilih buah mana yang kau suka.
B. Pohon
itu menjawab; Wahai Burung Jalak, tinggallah sesukamu! Kau tinggal pilih buah
mana yang kau suka!
C. Pohon
itu menjawab, “Wahai Burung Jalak
tinggallah sesukamu” Kau tinggal pilih
buah mana yang kau suka!”
D. Pohon
itu menjawab, “Wahai Burung Jalak,
tinggallah sesukamu. Kau tinggal pilih
buah mana yang kau suka.”
49. Cermati
kalimat berikut!
Taufiq ismail lahir di Bukittinggi, 25 Juni 1935. Masa kanak-kanak
sebelum sekolah dilalui di pekalongan, Jawa Tengah.
Alasan ketidaktepatan penggunaan
ejaan pada kalimat tersebut yang tepat adalah …
A. Nama diri seharusnya
menggunakan huruf besar atau kapital.
B. Nama diri dan nama kota
seharusnya menggunakan huruf kapital.
C. Kalimat tersebut
seharusnya menggunakan tanda baca, tanda seru.
D. Kalimat tersebut tidak
sesuai penulisannya dengan struktur kalimat.
50. Cermati
kalimat berikut!
Kita memerlukan:
kertas, gunting, dan lem untuk membuat tugas kerajinan tangan.
Alasan ketidaktepatan penggunaan
tanda baca pada kalimat tersebut adalah karena …
A. tanda titik dua (:) tidak
diperlukan
B. tanda titik (.) diganti
tanda seru (!)
C. tambahkan tanda koma (,)
setelah kata untuk
D. tanda koma (,) setelah
kata gunting, tidak perlu
Jawaban Soal Bahasa Indonesia Paket silahkan buka DISINI






0 comments:
Post a Comment