Pilihlah jawaban yang
benar di antara pilihan A, B, C, dan D!
1. Cermatilah teks berikut!
Biografi Mario Teguh
"Salam Super" itulah kata-kata pembuka yang
biasa diucapkan oleh Mario Teguh ketika ia mulai membawakan acara di Metro TV yang
bertajuk 'Mario Teguh Golden Ways'. Terkenal sebagai motivator terbaik di Indonesia yang memiliki
kepribadian yang cerdas
serta
mampu memotivasi banyak orang
melalui rangkaian kata-kata
bijaknya sehingga ia
makin banyak disukai oleh orang-orang.
Makna kata bercetak
miring pada kutipan teks tersebut adalah
…
A.
Orang yang
bertugas mengingatkan orang lain agar selalu
melakukan perbuatan baik.
B.
Orang yang bertugas membantu seseorang dalam menyelesaikan masalah pribadinya.
C.
Orang yang
menyebabkan timbulnya dorongan pada orang lain untuk melakukan sesuatu.
D.
Orang yang
membangkitkan semangat seseorang agar berasil
dalam menjalankan usahanya.
Bacalah kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 2 dan 3! Kelestarian Lingkungan Hidup
Lingkungan adalah sesuatu yang ada di sekitar manusia yang
dapat memengaruhi kehidupan manusia. Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan
benda dan kesatuan makhluk hidup termasuk manusia terlibat di dalamnya. Manusia
harus menyadari bahwa lingkungan merupakan sarana pengembangan hidup yang harus dijaga kelestariannya.
Dalam lingkungan hidup terdapat ekosistem, yaitu tatanan
unsur lingkungan hidup yang merupakan kesatuan utuh menyeluruh dan saling memengaruhi
dalam membentuk keseimbangan, stabilitas, dan produktivitas lingkungan hidup.
Lingkungan
hidup dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu unsur hayati (biotik), unsur sosial budaya, dan unsur fisik
(abiotik). Unsur hayati (biotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari
makhluk hidup, seperti manusia, hewan, tumbuhan dan jasad renik. Unsur sosial
budaya, yaitu lingkungan sosial dan budaya
yang
dibuat oleh manusia berupa sistem
nilai, gagasan, dan keyakinan dalam perilaku sebagai makhluk sosial. Unsur fisik (abiotik), yaitu unsur lingkungan
hidup yang terdiri dari makhluk tak hidup, seperti tanah, air, iklim, udara dan
lain sebagainya. Keberadaan unsur ini sangat besar bagi kelangsungan hidup segenap
kehidupan di bumi.
2. Informasi yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ….
A.
Tanpa
adanya unsur lingkungan hidup, manusia tidak hidup di bumi ini.
B.
Unsur
abiotik tidak terlalu berpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia.
C.
Unsur sosial budaya
diciptakan oleh manusia
untuk kelestarian kehidupan di bumi.
D.
Lingkungan
hidup yang meliputi unsur biotik, sosial budaya, dan abiotik harus dijaga kelestariannya.
3. Simpulan
isi teks tersebut adalah ...
A.
Manusia
harus menjaga kelestarian lingkungan hidup.
B.
Manusia
dapat memanfaatkan seluruh isi lingkungan hidup.
C.
Seluruh
unsur lingkungan hidup saling mempengaruhi demi kehidupan manusia.
D.
Unsur biotik,
sosial budaya, dan abiotik harus dimanfaatkan manusia secara seimbang.
Cermatilah teks berikut kemudian jawablah soal nomor 4
dan5!
Ternyata jeruk nipis bermanfaat dalam mengobati batuk.
Buah ini memiliki kandungan berupa minyak
asiri dan zat yang dapat
bermanfaat mengendalikan otot-otot pernapasan sehingga mampu meredakan
batuk. Adapun cara penggunaannya yaitu dengan cara meminum air perasan dari jeruk
nipis yang dapat dicampur dengan madu, kecap
atau gula sehingga rasa asamnya berkurang. (http://informasiana.com)
4. Ide
pokok teks tersebut adalah ....
A. manfaat
jeruk nipis
B. kandungan
jeruk nipis
C. campuran
jeruk nipis
D. cara
penggunaan jeruk nipis
5. Isi
yang tersirat pada bagian teks tersebut
adalah ....
A. Jeruk
nipis dapat dicampur dengan zat lainnya
B. Jeruk
nipis dapat ditanam di pekarangan rumah
C. Jeruk
nipis memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan
D. Jeruk
nipis lebih berkhasiat dibandingkan jeruk lainnya
6. Bacalah kutipan teks berikut!
Perlunya Resapan Air untuk Mencegah
Banjir
Banjir sudah menjadi agenda tahunan bagi masyarakat Indonesia.
Tidak heran bila pemerintah berjuang keras dan mengeluarkan biaya yang sangat besar
untuk menyelesaikan masalah ini. Membangun saluran air yang bagus merupakan salah
satu cara pemerintah menanggulangi banjir. Namun, itu semua tidak akan berhasil
apabila tidak diimbangi dengan pembangunan daerah resapan air. Jadi, resapan air
ini merupakan syarat mutlak untuk menanggulangi banjir.
Pendapat yang mendukung
kutipan isi teks tersebut adalah ...
A. Solusi
tersebut hanya akan menghamburkan uang negara.
B. Solusi
seperti itu sudah tepat sehingga harus segera direalisasikan.
C. Solusi
yang dipilih pemerintah tidak akan mampu menanggulangi banjir.
D. Solusi
tersebut masuk akal, tetapi sulit membangun resapan air di perkotaan.
7. Cermatilah teks berikut!
Sejak zaman
dahulu, nenek moyang kita sudah mengenal tanaman lidah buaya serta manfaatnya. Manfaat
tumbuhan yang bernama latin Aloe Vera ini
tidak hanya sebagai penyubur rambut, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan.
Tumbuhan tanpa buah ini mempunyai ciri-ciri, seperti daun berbentuk panjang,
tebal, dan berwarna hijau. Daunnya mengandung serat bening sebagai daging.
Meskipun sejak dahulu dikenal memiliki banyak khasiat,
belum banyak yang mengetahui bahwa tanaman ini bisa menjadi komoditas yang menguntungkan.
Komoditas yang berbahan
lidah buaya, di antaranya obat
untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit, jus lidah buaya atau gel sebagai
obat pencahar yang baik
dan sangat membantu
jika mengalami sembelit, ramuan penyubur rambut, juga sebagai minuman
yang menyehatkan.
Ringkasan paragraf tersebut adalah....
A. Lidah
buaya bermanfaat sebagai penyubur rambut juga untuk kesehatan.
B. Lidah
buaya sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit.
C. Lidah
buaya selain bermanfaat juga menjadi komoditas yang menguntungkan.
D. Lidah
buaya memiliki ciri-ciri tertentu dan nilai
komoditas yang menguntungkan.
8. Bacalah kutipan teks berikut!
Kutipan teks I
Gamelan Jawa
Yogyakarta adalah tempat yang paling tepat untuk menikmati
gamelan. Di kota ini Anda dapat menikmati gamelan versi aslinya. Gamelan yang berkembang
di Yogyakarta adalah Gamelan Jawa yaitu musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Musik yang tercipta pada Gamelan Jawa
berasal dari paduan bunyi gong, kenong, dan alat musik Jawa lainnya.
Gamelan Jawa berbeda dengan Gamelan Bali ataupun Gamelan
Sunda. Gamelan Jawa memiliki nada yang lebih lembut dan slow, berbeda dengan Gamelan Bali yang rancak dan Gamelan Sunda yang sangat mendayu-dayu dan didominasi suara
seruling. Perbedaan itu wajar, karena Jawa memiliki
pandangan hidup tersendiri yang
diungkapkan dalam irama musik gamelannya. Adanya perbedaan gamelan Jawa, Bali, ataupun
Sunda mengindikasikan bahwa masing-masing daerah memiliki
pandangan hidup dan budaya sehingga berpengaruh pada gamelannya.
Kutipan teks II KEKERINGAN
Kekeringan adalah
keadaan kekurangan air yang sangat ekstrim
dalam waktu lama. Kekeringan timbul tanpa dapat diprediksi secara tepat. Di Indonesia, hujan turun secara tidak merata
meskipun pada umumnya hujan terjadi di seluruh wilayah negeri. Selain itu, hujan
tidak terjadi dalam waktu yang bersamaan. Di wilayah barat, hujan sudah turun, tetapi
di wilayah timur belum turun hujan. Kekeringan biasanya muncul bila suatu wilayah
secara terus-menerus mengalami curah hujan di bawah rata-rata. Musim kemarau yang
panjang akan menjadi bencana alam apabila menyebabkan suatu wilayah kehilangan sumber
pendapatan akibat gangguan pada pertanian dan
ekosistem yang ditimbulkannya.
Perbedaan penggunaan
bahasa pada kedua kutipan teks tersebut adalah....
Teks I
|
Teks II
|
|
A
|
bahasanya mudah
dipahami
|
banyak menggunakan
istilah ilmiah
|
B
|
banyak menggunakan
bahasa daerah
|
bahasanya mudah
dipahami
|
C
|
menggunakan istilah-istilah
khusus
|
banyak menggunakan
istilah ilmiah
|
D
|
banyak menggunakan
istilah khusus
|
menggunakan istilah-istilah
umum
|
9. Bacalah teks berikut!
1) Penerbit Wayang
menerbitkan buku terbaru
yang
berjudul Sudah Saatnya Menjadi Penulis Hebat.
2) Buku ini ditulis oleh Bendi Derajat. 3) Judulnya menarik, isinya lengkap, bahasanya
ringan dan mudah dipahami serta bermanfaat bagi pembaca. 4) Hanya saja buku tersebut
menggunakan banyak istilah akademik yang sulit dipahami pembaca awam.
Kelemahan karya sastra
yang terdapat pada ulasan buku tersebut
ditandai nomor...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Bacalah kutipan cerpen berikut kemudian jawablah soal nomor
10 s.d. 13!
Langit menjadi kelabu. Awan hitam mulai tak mampu lagi
membendung butiran air. Matahari pergi. Sinarnya pun tak berbekas. Di samping
rumah Nada, nampak Dio masih asyik bermain dengan merpatinya. Nada tersenyum
menatapnya dari balik jendela kamarnya. Ya, tetangganya itu memang sangat menyukai
merpati. Bahkan di samping rumahnya ada sebuah kandang merpati yang cukup luas miliknya
sendiri. Ia biasa menyebutnya istana Merpati Dara Dori. Begitu banyak jenis merpati
yang ia piara. Semuanya sepasang. Ada merpati
lokal, merpati kipas, merpati
gondok, merpati Lahore, dan masih banyak
lagi. Namun, di antara semua merpatinya, merpati lokal berwarna seputih saljulah
yang paling ia sukai. Dara dan Dori.
10. Makna
kata “membendung” pada kutipan cerpen tersebut
ialah ….
A. menahan
B. menampung
C. membentengi
D. mengumpulkan
11. Pernyataan
yang sesuai dengan isi cerpen tersebut adalah …
A. Merpati
yang paling Dio Gemari adalah merpati Lahore.
B. Dio
seorang yang menggemari berbagai jenis burung merpati.
C. Kandang
burung yang ada sengaja dibuat untuk Dara dan Dori.
D. Nada
tidak senang kalau Dio memelihara banyak burung merpati.
12. Kutipan
cerpen tersebut merupakan bagian alur ...
A. pengenalan
B. komplikasi
C. klimaks
D. penyelesaian
13. Latar
suasana yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah .…
A. mendung
B. hujan
C. dingin
D. sunyi
Bacalah kutipan cerpen berikut kemudian jawablah soal nomor
14 s.d.17!
“Nada, minggu depan kita harus pindah ke Jogjakarta. Ayah dipindahtugaskan
di sana.” Bagaikan petir di
siang bolong menyambar Nada yang
seketika itu langsung diam mematung. “Kenapa mendadak, Bunda? Nada senang tinggal
di sini. Apa Nada tidak bisa tetap
tinggal di sini? Sekolah Nada gimana?” “Tidak bisa, sayang. Kamu mau tinggal sama siapa di sini? Masalah
sekolah, semua sudah diurus Ayah. Kamu hanya tinggal mengemasi barang-barangmu.”
Nada terdiam. Tak mungkin mampu
ia membantah. Minggu depan ia harus meninggalkan tempat ini. Tepat di hari ulang
tahun Dio yang ke-18. Terasa berat untuknya meninggalkan tempat ini.
Terlalu banyak kenangan
yang terukir.
Semakin terasa berat
ketika harus meninggalkan Dio.
14. Makna
simbol petir di siang bolong pada kutipan
cerpen tersebut adalah....
A. merasa
sedih
B. merasa
bingung
C. sangat
terkejut
D. merasa
heran
15. Amanat
yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. Sebagai
anak harus patuh pada kedua orang tua.
B. Lakukan
perintah orang tua meskipun dengan terpaksa!
C. Ikhlaskan
diri kita dalam mengerjakan sesuatu pekerjaan!
D. Setiap
keputusan agar dibicarakan terlebih dahulu dengan keluarga!
16. Penyebab
terjadinya konflik pada kutipan cerpen tersebut
adalah ...
A. Perasaan
berat hati Nada harus meninggalkan Dio.
B. Nada
merasa bingung dengan masalah sekolahnya.
C. Kepindahan
tempat tugas ayah Nada yang mendadak.
D. Nada
merasa berat meninggalkan tempat tinggal yang sekarang.
17. Akibat
konflik yang terjadi pada kutipan cerpen tersebut adalah...
A. Nada
diam mematung selama satu minggu.
B. Nada
harus segera mengemasi barang-barang miliknya.
C. Meskipun
merasa berat, minggu depan Nada harus ikut pindah ke Yogyakarta.
D. Ayah
dan ibu Nada harus mencari tempat tinggal dan sekolah baru untuk Nada.
18. Bacalah
kutipan fabel berikut!
Teks Fabel I
|
Teks Fabel II
|
Dengan bangganya lucky berlari-lari
kecil sambil menyeret-nyeret balok kayu yang dikalungkan majikannya, untuk
|
Di sebuah
hutan, musim kemarau,
burung-burung
dan hewan-hewan lain
sangat sulit untuk
mendapatkan air.
|
menarik perhatian
orang lain. Tetapi
tak ada satu pun orang yang senang melihat anjing itu.
Balok itu sebenarnya dikalungkan majikannya agar orang mengetahui kehadiran lucky,
dan bisa menghindarinya. Seekor
anjing lain yang melihatnya kemudian
berkata "Kamu seharusnya lebih bijaksana dan berdiam diri di rumah agar
orang tidak melihat balok yang dikalungkan di lehermu. Apakah
kamu senang bahwa semua orang
tahu betapa nakal dan jahatnya kamu?"
|
Namun ada seekor burung perkutut yang
menemukan kendi tua yang berisi sedikit air. Kendi tersebut
memiliki bentuk yang tinggi dan juga sempit, sehingga burung tersebut tidak
bisa menjangkau air di
dalam kendi tersebut. Burung perkutut tersebut tetap mencoba untuk meminum
air yang ada di dalam kendi, tetapi tetap saja tidak bisa. Burung
itu hampir putus asa hingga munculah sebuah ide.. Burung
tersebut kemudian mengambil kerikil- kerikil yang ada di samping kendi dan menjatuhkannya
ke dalam kendi satu persatu. Ide yang cemerlang itu membuat air lama kelamaan
naik sehingga burung perkutut bisa meminum air tersebut
|
Perbedaan pola pengembangan
kedua kutipan fabel tersebut diawali dengan
....
Fabel I
|
Fabel II
|
|
A
|
menampilkan lokasi
cerita
|
memberikan garis
besar cerita
|
B
|
memberikan garis
besar cerita
|
memulai dengan aksi
|
C
|
memunculkan masalah
|
mengisyaratkan bahaya
|
D
|
memulai dengan aksi
|
menampilkan lokasi
cerita
|
19. Bacalah
kutipan fabel berikut!
Teks Fabel I
|
Teks Fabel II
|
Mumba dengan santai
berjalan di tengah
hutan. Tanpa sengaja
ia menemukan buah yang sangat lezat. Mumba berniat mengambil buah tersebut. Rencananya, dia akan
menikmati buah yang lezat itu di pinggir sungai di tengah hutan, ditemani hembusan
angin, dan lambaian daun pepohonan yang mendayu-dayu. Sesampainya di tepi sungai,
Mumba dengan santai menyantap buah tersebut.
|
Si rusa tiba-tiba marah mendengar
jawaban si kura-kura.
“Jangan berlagak engkau, hei
kura-kura! Engkau hanya mondar-mandir saja seperti bola namun berlagak tengah mencari sumber
kehidupan”. Si
kura-kura berusaha menjelaskan, namun
si rusa tetap marah. Si kura-kura yang jengkel akhirnya
menantang untuk mengadu kekuatan betis kaki.
|
Perbedaan penggunaan bahasa
pada kedua kutipan fabel tersebut adalah….
Fabel I
|
Fabel II
|
|
A
|
bermajas litotes
|
bermajas personifikasi
|
B
|
bermajas personifikasi
|
bermajas perumpamaan
|
C
|
bermajas perumpamaan
|
bermajas litotes
|
D
|
bermajas metafora
|
bermajas personifikasi
|
Cermatilah kutipan fabel berikut untuk menjawab soal nomor
20 s.d.22!
Kupu-Kupu Berhati Mulia
Di suatu hutan ada
seekor semut berjalan-jalan di taman. Ia sangat bahagia karena bisa berjalan-jalan
melihat taman yang indah.
Sang
semut berkeliling taman sambil menyapa
binatang-binatang yang berada di taman itu. Ia melihat sebuah kepompong di atas
pohon. Sang semut mengejek bentuk kepompong yang jelek dan tidak
bisa pergi ke
mana-mana “Hei, kepompong
alangkah jelek nasibmu. Kamu hanya bisa menggantung di ranting itu. Ayo
jalan-jalan, lihat dunia yang luas ini. Bagaimana nasibmu jika ranting itu patah?” Sang semut selalu membanggakan dirinya yang bisa pergi
ke tempat ia suka. Bahkan, sang semut kuat mengangkat beban yang lebih besar dari
tubuhnya. Sang semut merasa bahwa dirinya adalah binatang yang paling hebat. Si
kepompong hanya diam saja mendengar ejekan tersebut.
Pada suatu pagi sang semut kembali berjalan ke taman itu.
Karena hujan, genangan lumpur terdapat di mana-mana. Lumpur yang licin membuat semut
tergelincir dan jatuh ke dalam lumpur. Sang semut hampir tenggelam dalam
genangan lumpur itu. Semut berteriak
sekencang mungkin untuk meminta bantuan. “ Tolong, bantu aku! Aku
mau tenggelam, tolong..., tolong...!” Untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu yang terbang melintas. Kemudian,
kupu- kupu menjulurkan sebuah ranting
ke arah semut. “Semut, peganglah erat-erat ranting itu! Nanti aku akan mengangkat ranting
itu.” Lalu, sang semut memegang erat
ranting
itu. Si kupu-kupu mengangkat ranting
itu dan menurunkannya di tempat yang aman. Kemudian, sang semut berterima
kasih kepada kupu-kupu karena kupu-kupu telah menyelamatkan nyawanya. Ia memuji
kupu-kupu sebagai binatang yang hebat dan terpuji. Mendengar pujian itu, kupu-kupu
berkata kepada semut. “Aku adalah kepompong
yang pernah kau
ejek,” kata si kupu-kupu. Ternyata, kepompong yang dulu diejek sudah menyelamatkan
dirinya. Akhirnya, sang semut berjanji kepada kupu-kupu bahwa dia tidak akan menghina
semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di taman itu.
20. Komentar
yang tepat terhadap isi fabel tersebut adalah
...
A.
Cerita
kurang menarik karena berisi hal-hal yang tidak dapat diterima oleh akal sehat
pembaca.
B.
Isi cerita
bagus karena mengajarkan kepada pembaca agar jangan sombong dan tidak balas dendam.
C.
Isi cerita
tersebut cukup bagus, tetapi sayang sekali pesan moralnya tidak jelas untuk dimengerti
oleh pembaca.
D.
Isi cerita
bagus meskipun dalam kehidupan sehari-hari pesan moral dalam cerita tersebut
sulit untuk dijalankan.
21. Komentar yang tepat terhadap pola pengembangan
kutipan fabel tersebut adalah...
A.
Pola pengembangan
fabel tersebut dimulai dengan memunculkan masalah yang harus diselesaikan oleh
tokoh semut.
B.
Pola pengembangan
cerita tersebut dimulai dengan menampilkan lokasi karena di dalam kutipan fabel
dimunculkan lokasi cerita yaitu di suatu hutan.
C.
Pola pengembangan
cerita tersebut dimulai dengan mengidentifikasi garis besar cerita karena dengan
membaca kutipan fabel tersebut pembaca dapat mengetahui garis besar ceritanya.
D.
Pola pengembangan
cerita tersebut dimulai dengan mengisyaratkan ketegangan (bahaya) karena di dalam kutipan fabel tersebut tokoh
menghadapi hal yang membahayakan.
22. Komentar
yang tepat terhadap penggunaan bahasa kutipan fabel tersebut adalah...
A.
Banyak
menggunakan kata-kata yang bermakna
kiasan sehingga menyulitkan pembaca dalam memahami isi cerita
tersebut.
B.
Bahasa
yang digunakan dalam fabel tersebut adalah bahasa sehari-hari sehingga pembaca mudah
dalam memahami isi fabel tersebut.
C.
Kalimat
yang digunakan dalam fabel menggunakan
kalimat yang panjang-
panjang sehingga membosankan pembaca.
D.
Fabel tersebut banyak
menggunakan ungkapan dan peribahasa yang sulit dimengerti oleh pembaca.
23. Cermatilah
kalimat berikut!
Kekeringan yang terjadi
terlalu lama dapat berdampak pada turunnya ... tanaman dan merugikan petani.
Kata yang tepat untuk
melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. produksi
B. produsen
C. konsumsi
D. konsumen
24. Perhatikan teks berikut!
Membuat Puding Kelapa Muda
(1) Sediakan agar-agar,
gula,santan, kelapa muda,vanili, dan telur lalu kocok.
(2) [...]
(3) Setelah
mendidih, masukkan agar-agar, santan, gula, kelapa muda, dan telur yang sudah
dikocok.
(4) Biarkan sampai
mendidih kembali, lalu angkat.
(5) Tuanglah ke dalam
cetakan.
Kalimat yang tepat
untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A. Biarkan
dingin dalam lemari.
B. Masak
air sampai mendidih.
C. Masak
adonan dengan api sedang.
D. Biarkan
mengeras, kemudian sajikan.
25. Perhatikan
kalimat-kalimat berikut!
Cara Mematikan
Komputer
1. Tutup semua program atau aplikasi yang sedang
aktif
2. Klik menu “Turn Off Computer”
3. Klik tombol “Start” dengan mouse pada menu Dekstop
4. Diamkan beberapa saat hingga komputer padam.
5. Pada kotak dialog “Turn
Off Computer”, klik tombol “Turn Off”
6. Cabut kabel listrik dari jala-jala listrik
7. Tekan tombol OFF pada monitor untuk memadamkan
monitor
8. Tutup dengan penutup
Kalimat-kalimat tersebut
dapat disusun menjadi teks laporan yang padu
dengan urutan
nomor….
A. 1-3-2-4-5-7-6-8
B. 1-3-2-5-4-7-6-8
C. 1-2-3-4-5-7-6-8
D. 1-2-4-3-6-5-7-8
26. Cermatilah
kalimat rumpang berikut!
Upaya mendekatkan
lokasi tempat tinggal dengan lokasi kegiatan merupakan salah satu ...yang dapat
dilakukan dalam mengatasi kemacetan.
Kata yang tepat untuk
melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. solusi
B. alternatif
C. pemikiran
D. perkiraan
27. Cermatilah
teks berikut!
Di dataran rendah yang kering, tanaman mangga dapat menerima
sinar matahari selama 12 jam penuh
sepanjang tahun. [...] Semakin
intensif sinar matahari,
semakin manis buah yang dihasilkan. Dengan sinar matahari penuh selama 12 jam,
tanaman mangga dapat leluasa membentuk karbohidrat dan gula.
Kalimat yang tepat
untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A. Sinar
matahari berperan dalam penyerbukan bunga.
B. Sinar
matahari berguna bagi penyuburan tanaman.
C. Sinar
matahari membantu dalam penyebaran buah.
D. Sinar
matahari berperan untuk pembentukan buah.
28. Bacalah teks berikut!
Kelebihan novel
ini membuat para pembaca
dapat mengintrospeksi diri tentang kewajiban seorang anak memuliakan
seorang ibu. Pembaca bisa lebih tahu perasaan seorang ibu ketika anak-anaknya tidak
berpihak padanya. Novel ini juga dikemas dengan bahasa yang mudah dimengerti sehingga
para pembaca tidak sulit untuk memahaminya.
[...]
Novel ini cocok dibaca oleh semua kalangan agar semua tahu
bahwa ibu adalah satu-satunya orang yang tulus menyayangi kita tanpa pamrih, syarat,
dan menerima kita kapanpun. Ibu berkorban tanpa meminta imbalan bahkan kita tidak
sadar dan tidak tahu bahwa seorang ibulah yang selalu
mendoakan kita di
manapun kita berada. Karena seorang ibu selalu menginginkan
anaknya sukses. Saat ibu telah tiada hanya
doa anak yang soleh dan solehahlah yang akan selalu menyertainya. Mari kita doakan
ibu kita.
Diolah dari http://auliaannisalia.blogspot.co.id/
Paragraf berisi kelemahan yang tepat untuk melengkapi teks
tersebut adalah ...
A.
Hanya sangat
disayangkan masih terdapat penulisan kata-kata yang kurang tepat. Meskipun begitu novel ini tetap dianjurkan
untuk dibaca. Karena dengan membaca novel ini akan menambah rasa sayang kita terhadap
seorang ibu.
B.
Pada awal kisah
novel ini, sang
penulis Wahyu Derapriyangga
menceritakan perjuangan seorang ibu yaitu Restiana untuk menghidupi dan mendidik anak-
anaknya setelah suaminya meninggal.
C.
Kenyataan
pahit yang ia alami itu bermula dari suaminya yang meninggal karena kecelakaan,
ketika menyebrangi jalan saat menjemput si Sulung di sekolahnya. Ayahnya menghembuskan
nafas terakhirnya di pangkuan si Sulung.
D.
Jangan Buang Ibu
Nak, adalah novel karya Wahyu
Derapriyangga yang menceritakan tentang perjuangan seorang
ibu yang tinggal di Ibu kota. Ia bernama Restiana,ia harus menghidupi ketiga orang
anaknya yaitu Sulung,Tengah dan Bungsu.
29. Bacalah
teks berikut!
Kegiatan belajar merupakan kegiatan yang harus dilakukan
secara rutin oleh pelajar. Dengan kata lain, belajar adalah kegiatan wajib bagi
pelajar. Belajar tidak hanya dilakukan di
kelas, namun Anda juga bisa melakukannya secara mandiri maupun berdiskusi kelompok
di tempat lain.
Sebagian siswa kesulitan dalam mengatur
waktu belajar
secara efisien dan efektif dikarenakan ketidaktahuannya dalam
mengatur jadwal. Padahal hal ini merupakan suatu yang sangat penting untuk diperhatikan.
Karena jika waktu belajar diatur dengan benar, maka belajar pun akan lebih efisien
dan efektif.
Buatlah jadwal belajar. Hal yang terpenting di sini adalah
penyusunan jadwal belajar. Cobalah untuk membuat jadwal belajar dan sesuaikan dengan
jumlah pelajaran yang akan Anda pelajari. Dengan begitu Anda akan dapat menyusun
jadwal belajar yang disesuaikan dengan waktu belajar Anda.
Tetapkan waktu belajar Anda. Hal yang tak kalah penting
adalah menentukan waktu belajar. Cobalah untuk memilih waktu belajar yang sesuai
dengan kriteria belajar Anda. Tanyalah pada dirimu sendiri. Untuk pelajaran yang
Anda anggap sukar lebih baik pelajari terlebih dahulu dan buatlah porsi belajar
yang lebih lama agar Anda bisa memahami pelajaran tersebut. Ulangi pelajaran yang
Anda dapat di kelas. Hal ini dilakukan agar pelajaran yang Anda dapat tidak cepat
hilang atau Anda lupakan.
Jangan membuang-buang
waktu luang. Manfaatkan waktu luang yang Anda miliki dengan sebaik-baiknya. Atur waktu
belajar Anda, sesuaikan dengan jumlah pelajaran, gunakan batasan waktu dalam mempelajari
tiap-tiap pelajaran. Jangan
terlalu memforsir waktu Anda untuk belajar. Atur waktu
Anda untuk refreshing dan luangkan waktu untuk beribadah dan berdoa.
Perubahan teks tersebut menjadi teks prosedur yang tepat
adalah ...
A. Langkah-langkah belajar efektif
1. Susunlah jadwal belajar!
2. Manfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya!
3. Aturlah waktu belajar dengan menyesuaikan jadwal
belajar di sekolah!
4. Gunakan batasan waktu dalam mempelajari tiap-tiap
mata pelajaran!
5. Janganlah terlalu memforsir waktu untuk belajar!
6. Jangan lupa berdoa!
B. Langkah-langkah
belajar efektif
1. Susunlah jadwal belajar!
2. Manfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya!
3. Aturlah waktu belajar dengan menyesuaikan jumlahjam
mata pelajaran!
4. Gunakan batasan waktu dalam mempelajari tiap-tiap
mata pelajaran!
5. Janganlah terlalu memforsir waktu untuk belajar!
6. Atur waktu untuk refreshing dan beribadah!
C. Langkah-langkah
belajar efektif
1. Susunlah jadwal belajar!
2. Manfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya!
3. Aturlah waktu belajar dengan menyesuaikan jumlah
mata pelajaran!
4. Gunakan batasan waktu dalam mempelajari tiap-tiap
mata pelajaran!
5. Janganlah terlalu memforsir waktu untuk belajar!
6. Atur waktu untuk refreshing, beribadah, dan berdoa!
D. Langkah-langkah
belajar efektif
1. Susunlah jadwal belajar!
2. Manfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya!
3. Aturlah waktu belajar dengan menyesuaikan jumlah
mata pelajaran!
4. Gunakan batasan waktu dalam mempelajari tiap-tiap
mata pelajaran!
5. Janganlah terlalu memforsir waktu untuk belajar!
6. Atur waktu untuk refreshing!
30. Perhatikan data-data berikut!
Anoa hewan
endemik Sulawesi
Anoa maskot
Sulawesi Tenggara
Anoa tergolong
fauna peralihan
Anoa terancam
punah
Populasi
sekitar 5.000 ekor
Perburuan
Anoa untuk diambil kulit, tanduk, dagingnya.
Teks laporan yang sesuai
dengan data-data tersebut adalah ...
A.
Sejak tahun
1960-an, anoa berada dalam status terancam punah. Anoa adalah hewan endemik Sulawesi, sekaligus
maskot provinsi
Sulawesi Tenggara. Berdasarkan letak persebarannya, hewan ini
tergolong fauna peralihan. Dalam
lima tahun terakhir populasi anoa menurun secara drastis. Anoa sering diburu
untuk diambil kulit, tanduk dan dagingnya. Diperkirakan saat ini terdapat kurang
dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup.
B.
Anoa adalah maskot provinsi Sulawesi Tenggara. Sejak tahun 1960-an, anoa berada dalam status terancam punah.Berdasarkan
letak persebarannya, hewan ini tergolong fauna peralihan. Dalam lima tahun terakhir populasi anoa menurun secara drastis. Diperkirakan saat ini terdapat
kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup. Anoa sering diburu untuk diambil
kulit dan dagingnya.
C.
Anoa adalah
hewan endemik Sulawesi. Berdasarkan letak persebarannya, hewan ini
tergolong fauna peralihan. Sejak
tahun 1960-an, anoa berada dalam status terancam punah.
Dalam lima tahun terakhir
populasi anoa menurun secara drastis. Diperkirakan saat ini terdapat kurang dari
5000 ekor yang masih bertahan hidup. Anoa sering diburu untuk diambil tanduk dan
dagingnya.
D.
Anoa adalah hewan
endemik Sulawesi, sekaligus
maskot provinsi Sulawesi Tenggara. Berdasarkan letak persebarannya, hewan ini tergolong
fauna peralihan. Sejak
tahun 1960-an, anoa berada dalam status terancam punah.
Dalam lima tahun terakhir
populasi anoa menurun secara drastis. Diperkirakan saat ini terdapat kurang dari
5000 ekor yang masih bertahan hidup. Anoa sering diburu untuk diambil kulit, tanduk
dan dagingnya.
31. Perhatikan
kalimat berikut!
Saya akan cerita tentang
pengalaman saya ketika tugas di desa.
Kesalahan penggunaan
kata pada kalimat tersebut adalah kata
....
A. cerita
dan ketika
B. cerita
dan tugas
C. akan
dan tugas
D. tentang
dan ketika
32. Kalimat
yang tidak efektif adalah...
A. Para
penumpang harap membayar dengan uang pas.
B. Jika
ingin membantu orang lain, segerakanlah, jangan kamu tunda-tunda lagi.
C. Sambil melepas lelah sejenak, Yanti membaca buku novel itu hingga tamat.
D. Pemerintah
mengimbau anak balita di lingkungan kita agar tidak lupa diimunisasi.
33. Perhatikan paragraf berikut!
(1) Pantai Gili Terawangan
berada di wilayah Lombok. (2) Pantai ini memiliki tata keindahan alam laut yang
dapat memancing kedatangan wisatawan yang mendambakan
suasana nyaman, tenang, jauh dari hiruk pikuk kota. (3) Khusus bagi mereka yang
hobi menyelam, Pantai Gili Terawangan seakan
merupakan akuarium alam ukuran raksasa. (4) Pantai Terawangan tempat yang cocok
untuk beternak penyu.
Kalimat yang tidak
padu pada paragraf tersebut ditandai nomor....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
34. Perhatikan
kalimat berikut!
Pemerintah akan menggalakkan
kembali kegiatan ... agar
pembangunan dapat dilaksanakan secara merata di seluruh Indonesia.
Istilah yang tepat
untuk melengkapi kalimat tersebut adalah….
A. imigrasi
B. emigrasi
C. urbanisasi
D. transmigrasi
35. Perhatikan kalimat berikut!
Ilmu yang kita peroleh
di lembaga pendidikan, harus kita ...dalam kehidupan sehari- hari.
Kata berimbuhan yang
tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah….
A. menterapkan
B. menerapkan
C. mengetrapkan
D. mengeterapkan
36. Perhatikan
kalimat berikut!
Di kalangan pelajar
telah tumbuh kebiasaan ... buku bacaan.
Kata ulang tepat
untuk melengkapi kalimat tersebut adalah....
A. tukar-menukar
B. tukar-tukaran
C. menukar-nukar
D. tukaran-tukaran
37. Perhatikan
kalimat berikut!
Kita harus dapat merubah kebiasaan yang kurang terpuji, menjadi
kebiasaan yang baik.
Perbaikan kata yang
dicetak miring pada kalimat tersebut adalah ...
A. mengubah
B. merubahi
C. berubah
D. perubahan
38. Perhatikan
kalimat berikut!
Juara lomba futsal
diduduki oleh tim dari SMP Prestasi.
Perbaikan kalimat
tersebut agar menjadi kalimat efektif adalah ...
A. Juara
lomba futsal adalah tim SMP Prestasi.
B. Juara
dari lomba futsal adalah tim SMP Prestasi.
C. Juara
lomba futsal adalah tim daripada SMP Prestasi.
D. Juara
lomba futsal dimenangkan oleh tim dari SMP Prestasi.
39. Perhatikan
paragraf berikut!
1) Kenakalan remaja merupakan masalah yang harus menjadi
tanggung jawab semua pihak. 2) Pihak yang
berkepentingan dan paling utama adalah orang tua. 3) Orang tua saya sangat memperhatikan
awalnya. 4) Selain itu, sekolah juga
ikut berperan mengurangi kenakalan remaja, khususnya melalui program bimbingan
konseling.
Agar paragraf tersebut
menjadi padu, kalimat yang harus dihilangkan ditandai nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
40. Perhatikan
kalimat berikut!
Dewi Sartika meninggal
11 September 1947 dan pemakaman di Tasikmalaya.
Alasan ketidaktepatan penggunaan kata yang
digarisbawahi pada kalimat tersebut adalah....
A.
kata pemakaman diganti dimakamkan
B.
kata pemakaman diganti penguburan
C.
kata pemakaman diganti dikuburkan
D. Kata
pemakaman diganti diistirahatkan
41. Perhatikan
kalimat berikut!
Andrea Hirata menulis beberapa buku-buku novel yang sangat laku
sekali di pasaran.
Alasan ketidakefektifan
kalimat tersebut adalah …
A.
Kata beberapa buku-buku maknanya berlebihan sehingga perlu dihilangkan
kata beberapa.
B.
Kata beberapa buku-buku maknanya berlebihan sehingga perlu dihilangkan
kata buku-buku.
C.
Kata sangat laku sekali maknanya berlebihan sehingga
perlu dihilangkan kata sangat atau sekali.
D.
Kata beberapa buku-buku dan sangat
laku sekali maknanya berlebihan sehingga perlu dihilangkan kata beberapa atau salah satu kata buku dan dihilangkan kata sangat atau sekali.
42. Perhatikan paragraf yang tidak padu berikut!
1) Prestasi belajar yang memuaskan dapat diraih oleh setiap
siswa jika mereka dapat belajar secara wajar, terhindar dari berbagai ancaman, hambatan,
dan gangguan. 2) Salah satu contoh ancaman tersebut adalah kurangnya motivasi belajar
siswa. 3) Pada tingkat tertentu memang ada siswa yang dapat mengatasi kesulitan
belajarnya, tanpa harus melibatkan orang lain. 4) Akan tetapi,
pada kasus-kasus tertentu, karena siswa belum mampu mengatasi kesulitan belajarnya,
maka bantuan guru atau
orang lain sangat diperlukan oleh siswa tersebut.
Alasan ketidakpaduan
paragraf tersebut adalah....
A. Kalimat
ke-1 tidak berkaitan dengan kalimat ke-2, 3, dan 4.
B. Kalimat
ke-2 tidak berkaitan dengan kalimat ke-1, 3, dan 4.
C. Kalimat
ke-3 tidak berkaitan dengan kalimat ke-1, 2, dan 4.
D. Kalimat
ke-4 tidak berkaitan dengan kalimat ke-1, 2, dan 3.
43. Perhatikan kalimat berikut!
Kemarin Dea membeli tahu 1)Bandung
dan beras 2)cianjur 3)ditoko
4)Harapan.
Kesalahan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut ditandai nomor
.…
A. 1 dan
2
B. 1 dan
3
C. 2 dan
3
D. 3 dan
4
44. Perhatikan kalimat berikut!
(1) Sebelum mengikuti ujian saya membeli alat-alat
menulis, pulpen, penggaris, dan pensil.
(2) Saya dapat menjawab soal-soal UN itu, karena saya
belajar dengan rajin. (3) Jumlah soal mata
pelajaran Bahasa Indonesia adalah lima puluh butir soal.
(4) Soal mata pelajaran Bahasa Indonesia nomor 1,
2, dan 3 termasuk soal yang mudah.
Kesalahan penggunaan
tanda baca terdapat pada kalimat nomor .…
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
45. Cermati
kalimat berikut!
(1) Mulai bulan Nopember kami mengikuti pendalaman
materi ujian. (2) Dua hari sebelum pelaksanaan
ujian, saya mendapat jadwal ujian. (3) Mass media tidak diperbolehkan meliput saat ujian
berlangsung. (4) Prosentase kehadiran peserta ujian tahun ini lebih
baik daripada tahun lalu.
Penggunaan ejaan yang
tepat terdapat pada kalimat bernomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
46. Cermati kalimat berikut!
Ibu Fat berpesan sebelum
mengikuti ujian, Ibu berharap kalian
belajar dengan sungguh-sungguh.
Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah …
A.
Ibu Fat berpesan, “Sebelum mengikuti ujian, Ibu berharap
kalian belajar dengan sungguh-sungguh.”
B.
Ibu Fat berpesan; “Sebelum mengikuti ujian, Ibu berharap kalian belajar dengan sungguh-sungguh.”
C.
Ibu Fat
berpesan: “Sebelum mengikuti ujian, Ibu berharap kalian belajar dengan sungguh-sungguh.”
D.
Ibu Fat berpesan, “Sebelum mengikuti ujian, Ibu berharap kalian
belajar dengan sungguh-sungguh”
47. Cermati kalimat berikut!
Kios photo copy dan
apotik Asri beralamat di Jalan Rambutan.
Perbaikan ejaan pada
kalimat tersebut yang tepat adalah …
A. Kios photocopi dan Apotik Asri beralamat di
Jalan Rambutan.
B. Kios photokopi dan Apotik Asri beralamat di
Jalan Rambutan.
C. Kios fotocopy dan Apotek Asri beralamat di Jalan
Rambutan.
D. Kios fotokopi dan Apotek Asri beralamat di Jalan
Rambutan.
48. Cermati
kalimat berikut!
Tiga orang karyawan perusahaan itu diPHK, karena mereka melakukan
kesalahan.
Perbaikan penggunaan
tanda
baca pada kalimat tersebut yang tepat adalah …
A.
Tiga orang
karyawan perusahaan itu diPHK karena mereka
melakukan kesalahan.
B.
Tiga orang karyawan perusahaan
itu di-PHK, karena mereka
melakukan kesalahan.
C.
Tiga orang karyawan perusahaan
itu di-PHK karena
mereka melakukan kesalahan.
D.
Tiga orang karyawan perusahaan
itu, di-PHK karena
mereka melakukan kesalahan.
49. Perhatikan kalimat berikut!
Kwantitas dan kwalitas
padi tahun ini diharapkan lebih baik daripada tahun kemarin.
Alasan ketidaktepatan
penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah …
A. Kata kwantitas
dan kwalitas seharusnya ditulis kuantitas
dan kualitas sesuai dengan
pedoman EYD.
B. Kata diharapkan
seharusnya ditulis di harapkan karena di adalah sebuah awalan.
C. Kata kwantitas
dan diharapkan seharusnya kuantitas
dan di harapkan
sesuai dengan pedoman EYD.
D. Kata diharapkan
dan daripada seharusnya ditulis di harapkan dan dari
pada sesuai dengan kebiasaan masyarakat saat menulis.
50. Cermati kalimat berikut!
Harga novel „Ayah‟ karya Andrea Hirata adalah Rp.100.000,00.
Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut
adalah karena …
A. Tanda apostrof („...‟) seharusnya diganti garis bawah dan tanda titik
(.)di belakang rupiah dihilangkan saja karena tidak sesuai dengan pedoman EYD
B. Tanda apostrof („...‟) diganti tanda petik dua (“...”) dan tanda koma (,) pada jumlah uang dihilangkan karena
tidak bermakna.
C. Tanda apostrof dihilangkan dan tanda
titik (.) di belakang singkatan rupiah dihilangkan sesuai dengan pedoman EYD.
D. Tanda apostrof diganti tanda petik dua (“...”) dan
tanda titik (.) di belakang singkatan rupiah dihilangkan sesuai dengan pedoman EYD.
Untuk kunci Jawaban DISINI
Untuk kunci Jawaban DISINI






0 comments:
Post a Comment